Jangan Boros! Ini 6 Tips Alokasi THR di Masa Pandemi dari Dosen UII

Anatasia Anjani - detikEdu
Sabtu, 15 Mei 2021 20:01 WIB
Menjelang Hari Raya Idul Fitri 2021 kebutuhan akan uang tunai kembali meningkat. Bank BTN pun menyiapkan ketersediaan hingga Rp 13,4 Triliun.
Foto: dok. Bank BTN/Jangan Boros! Ini 6 Tips Alokasi THR di Masa Pandemi dari Dosen UII
Jakarta - Saat lebaran para pegawai akan mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR). Biasanya THR yang didapatkan setara dengan gaji yang dimiliki dari tiap-tiap pegawai.

Saat mendapatkan THR, kita cenderung berbelanja tanpa sadar. Untuk itu penting mengalokasikan THR di masa pandemi COVID-19.

Supaya makin berkah THR-nya, terdapat tips dari Rizqi Adhyka Kusumawati, dosen prodi Perbankan & Keuangan Universitas Islam Indonesia (UII) untuk mengalokasikan dana THR di masa pandemi. Penjelasan berikut dikutip dari akun Instagram UII:

1. Bayar THR ke Pegawai

Jika kalian merupakan seorang pendiri perusahaan, pemilik perusahaan, atau memiliki karyawan, selalu dahulukan memenuhi membayar THR bagi para pekerja yang bekerja kepada kita.

"Berikan kepada seorang pekerja upahnya sebelum keringatnya kering." (HR. Ibnu Majah).

2. Gunakan THR untuk Membayar Utang

Jika kalian tidak memiliki pekerja, maka gunakanlah THR tersebut untuk membayar utang. Hal ini dikarenakan utang merupakan kewajiban yang harus diselesaikan sebab di dalam utang ada hak seseorang.

Jika utang tidak terselesaikan dengan baik sesuai kesepakatan akan menyebabkan masalah di kemudian hari.

"Barang siapa yang mati dalam keadaan masih memiliki utang satu dinar atau satu dirham, maka utang tersebut akan dilunasi dengan kebaikannya (di hari kiamat nanti) karena di sana akhirat tidak ada lagi dinar dan dirham." (HR. Ibnu Majah).

3. Tunaikanlah Zakat

Tips mengalokasikan THR di masa pandemi yang ketiga adalah menunaikan zakat. Zakat termasuk rukun Islam wajib yang harus dipenuhi oleh umat Islam. Karena tiap harta yang kita dapatkan terdapat hak fakir miskin dan anak yatim.
"Dan laksanakanlah salat, tunaikanlah zakat, dan rukuklah beserta orang yang rukuk." (QS. Al-Baqarah:43).

4. Menabung dan Berinvestasi


Jangan lupa alokasikan dana THR untuk menabung dan investasi. Bentuk tabungan dapat berupa deposito, tabungan berjangka, atau investasi dengan pembelian instrument pasar modal.

"Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha mengetahui yang kamu kerjakan." (QS. Al-Hasyr: 18).

Klik halaman selanjutnya

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "KUTIPS: Trik Kelola Duit THR Saat Pandemi Agar Tak Boros"
[Gambas:Video 20detik]

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia