BRI Ramadan Update

Begini Sejarah dan Filosofi Tradisi Idul Fitri di Indonesia, Wajib Tahu!

Rahma I Harbani - detikEdu
Sabtu, 15 Mei 2021 12:04 WIB
Cagub Jabar Ridwan Kamil melakukan prosesi sungkeman dengan sang ibu Tjutju Sukaesih di rumahnya Jalan Cigadung Selatan 7 No A28, Kelurahan Cigadung, Kecamatan Cibeunying Kaler, Kota Bandung, Rabu (27/6/2018).
Foto: Ari Saputra/Begini Sejarah dan Filosofi Tradisi Idul Fitri di Indonesia, Wajib Tahu!

2. Halal Bihalal

Tradisi halal bihalal diduga berawal dari Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara I atau yang dikenal dengan Pangeran Sambernyawa, seperti yang tertulis dalam sebuah sumber di sekitar Keraton Surakarta.

Setelah dilaksanakannya sholat Idul Fitri, demi mengefektifkan waktu, maka diadakan sebuah pertemuan antara raja dengan para punggawa dan prajurit secara bersamaan di balai istana.

Mereka semua dengan tertib melakukan sungkem dengan raja dan permaisuri. Hingga kemudian, kegiatan itu ditiru oleh para organisasi Islam dan dikenal dengan istilah halal bihalal.

Kegiatan halal bihalal ini bertujuan sebagai media silaturahim dan pertemuan dengan banyak orang dalam skala yang luas. Berkat efek positif yang tercipta, maka tradisi halal bihalal bisa masih dipraktikkan hingga sekarang.

3. Berkirim Kartu Lebaran

Selain halal bihalal, media untuk bersilaturahmi antar sesama dapat dilakukan melalui budaya berkirim kartu lebaran.

Budaya ini menjadi solusi bagi kerabat atau keluarga yang berhalangan untuk berkunjung atau bersilarurahim karena jarak dan waktu.

Kemajuan teknologi kini bahkan sudah mengubah kartu lebaran menjadi media elektronik dalam genggaman. Semakin memudahkan kita bertukar ucapan Idul Fitri dalam jumlah yang banyak dan waktu yang singkat.

Misalnya, melalui aplikasi chatting atau pun media sosial, e-mail, dan SMS (short message service).

Kegiatan ini memiliki nilai dalam menjalin silaturahmi kepada sesama antara pengirim dan penerima meski terhalang oleh jarak.

Wah, menarik ya, detikers! tradisi-tradisi Idul Fitri di atas bahkan masih bertahan diterapkan hingga sekarang dan masih melekat dengan masyarakat Indonesia.



Simak Video "Rayakan Lebaran Virtual Pakai Aplikasi Ini!"
[Gambas:Video 20detik]

(nwy/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia