Apa itu Wesel Pos? Jenis, Keunggulan, dan Cara Mengirimkannya

Anastasia Anjani - detikEdu
Selasa, 11 Mei 2021 09:00 WIB
Pelayanan di Kantor Pos Filateli tampak beroperasi normal di masa new normal. Meski begitu, sejumlah protokol kesehatan diterapkan guna cegah COVID-19.
Foto: Pradita Utama
Jakarta - Sebelum membahas wesel pos, ada baiknya detikers mengetahui apa itu wesel terlebih dahulu. Wesel berasal dari bahasa Belanda yang berarti surat pertukaran. Wesel adalah janji tertulis yang tidak bersyarat dari satu pihak kepada pihak lain untuk membayar sejumlah uang tertentu pada tanggal tertentu di masa yang akan datang.

Sedangkan wesel pos melansir dari laman resmi Pos Indonesia adalah layanan pengiriman dan penerimaan uang yang memberikan solusi terhadap kecepatan, ketepatan, dan keamanan kirimin uang baik secara nasional maupun internasional.

Wesel pos memiliki dua jenis yaitu:

1. Weselpos Instan

Yaitu layanan yang menggunakan waktu tempuh real time. Pembayarannya dilakukan dengan PIN dan NTP yang dikirimkan langsung oleh pengirim kepada penerima dan dapat dicairkan di semua kantor pos.

2. Weselpos Prima

Layanan yang menggunakan surat pemberitahuan (RS-2) yang kemudian diantar oleh petugas kantopos tujuan kepada penerima. Wesel jenis ini dapat dicairkan hanya di kantorpos yang ditunjuk surat pemberitahuan.

3. Weselpos Cash to Account (Setoran Tunai)

Kalian bisa mengirimkan uang secara tunai melalui kantor pos dengan wesel pos jenis ini. Tujuan pengiriman uang bisa dilakukan secara real time melalui jaringan ATM Bersama dan ATM Prima. Pengiriman uang hingga Rp 25.000.000

4. Weselpos Korporat/ Kemitraan

Wesel pos jenis ini merupakan hasil kerjasama dengan pihak lain, yang dilakukan dengan suatu perjanjian kerjasama yang memiliki tarif dan layanan yang sesuai kesepakatan dengan mitra. Informasi pemberitahuan RS-2 yang diantor oleh petugas kantor pos tujuan kepada penerima atau nomor referensi kiriman yang langsung disampaikan oleh mitra kepada penerima (setara Weselpos Instan).

Keunggulan Menggunakan Wesel Pos

1. Jangkauan luas

Setiap orang dapat dengan mudah melakukan transaksi dengan weselpos karena kantor pos sudah tersebar di seluruh Indonesia.

2. Cepat dan Mudah

Informasi dan mengirimkan uang melalui weselpos dapat dilakukan dengan cepat dan mudah karena hanya cukup mengisi formulis kelengkapan. Juga kantor pos menerima semua setoran tunai ke semua rekening bank melalui jaringan ATM Bersama dan ATM Prima.

3. Aman dan Handal

Semua transaksi weselpos menerapkan prinsip-prinsip yang berlaku secara internasional untuk meningkatkan keamanan transaksi. Hal tersebut dilakukan agar kiriman uang yang ditujukan kepada pengirim benar-benar berhak menerima dan mencegah dari upaya Tindakan pelanggaran hukum.

Cara Mengirimkan Uang Melalui Wesel Pos

1. Datang ke kantor pos terdekat

2. Membawa ktp

3. Membawa nomor HP pengirim dan penerima

4. Membawa uang yang dikirim

5. Menemui petugas kantor pos untuk melakuan pengiriman melalui weselpos

6. Pengiriman akan diproses

7. Membayar biaya administrasi

Nah itu tadi adalah penjelasan wesel pos. Apakah ada detikers yang tertarik mencobanya?



Simak Video "BP2MI-PT Pos Kerja Sama Permudah Pekerja Migran Bertransaksi dari LN"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia