4 Tips Pola Makan Lebaran bagi Pengidap Jantung Koroner dari Ahli Gizi Unair

Anatasia Anjani - detikEdu
Selasa, 11 Mei 2021 07:00 WIB
makanan lebaran
Foto: Getty Images/iStockphoto/MielPhotos2008/4 Tips Pola Makan Lebaran bagi Pengidap Jantung Koroner dari Ahli Gizi Unair
Jakarta - Saat hari Raya Idul Fitri identik dengan sajian makanan seperti kue kering, opor, rendang, sambel goreng ati, dan lain sebagainya. Bagi pengidap jantung koroner tentu tidak boleh sembarangan mengonsumsi makanan saat hari raya.

Ahli gizi Universitas Airlangga (Unair) Stefania Widya Setyaningtyas memberikan beberapa tips pola makan bagi pengidap jantung koroner saat lebaran.

a

Apa saja itu? Berikut adalah penjelasannya.

1. Perhatikan Jumlah Konsumsi

Menurut Stefania, penderita jantung koroner dapat mengonsumsi santan saat lebaran. Syaratnya adalah memperhatikan jumlahnya.

"Jika dikonsumsi dalam jumlah yang tidak berlebihan dan tidak dipanaskan berulang sebenarnya tidak masalah karena penderita penyakit jantung koroner sekalipun tetap membutuhkan lemak," ujar Dosen Departemen Gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga tersebut.

Konsumsi tersebut sebaiknya tidak lebih dari 10% dari total kebutuhan lemak. Jika santan dipanaskan secara berulang kandungan lemak jenuh akan semakin meningkat.

"Hal ini terjadi akibat rusaknya struktur kimia lemak pada santan sehingga sebaiknya hindari konsumsi makanan bersantan yang dipanaskan berulang," ujar Stefania.

2. Ganti Santan dengan Produk Lain

Santan dalam kuah opor maupun rendang dapat disubtitusikan dengann produk lain seperti susu segar, susu skim, atau susu almond. Stefania juga menyarankan untuk menerapkan pola makan yang seimbang.

3. Banyak Makan Makanan yang Mengandung Serat

Tips pola makan bagi pengidap jantung koroner saat lebaran yang ketiga adalah banyak makan serat dari buah dan sayur.

"Imbangi dengan sayur dan buah yang tinggi kandungan serat dan larut dalam air sehingga dapat mengikat dan memperlambat penyerapan lemak dan kolesterol. Hal ini membantu mengontrol kadar lemak dalam darah," jelas Stefania.

detikers dapat memakan buah apel, pir, wortel, stroberi, jambu, brokoli dan lobak turnip.

4. Mencampurkan Ketupat dengan Oatmeal

Ahli gizi dari Unair tersebut juga merekomendasikan untuk mencampurkan ketupat dengan campuran oatmeal.

"Bisa juga mengkreasikan seperti lontong atau ketupat dengan menambahkan oatmeal sehingga jumlah serat larut dalam makanan akan meningkat," jelas Stefania.

Itu tadi adalah tips pola makan bagi pengidap jantung koroner saat lebaran dari ahli gizi Unair. Tetap jaga pola makan agar tidak berlebihan ya!



Simak Video "Libur Lebaran, Wisatawan di Cikao Park Purwakarta Dites Covid-19 Acak"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia