Prospek Kerja Lulusan Pendidikan Vokasi yang Hobi Kuliner, Pilih yang Mana?

Trisna Wulandari - detikEdu
Senin, 10 Mei 2021 15:00 WIB
food stylist
Kamu yang minat masuk pendidikan vokasi terkait kuliner bisa jadi food stylist loh..(detikfoto)
Jakarta - Hayo, siapa di sini yang hobi kulineran atau suka masak? Buat kamu yang punya passion di dunia kuliner, belajar lebih dalam di bidang ini tentu jadi menyenangkan. Ada beragam jurusan dan prodi di pendidikan vokasi yang bisa dicoba pencinta makanan, mulai dari tata boga, seni baking dan pastry, sampai seni kuliner.

Nah, berikut sejumlah prospek kerja untuk kamu yang berniat menempuh pendidikan vokasi di bidang kuliner, seperti dikutip dari akun Instagram resmi Direktorat Pendidikan Tinggi Vokasi dan Profesi, Kemendikbudristek RI:

1. Food stylist

Pekerjaan ini cocok banget untuk kamu yang suka utak-atik visual makanan agar lebih menarik dan menggugah selera. Food stylist juga akan terlibat di pembuatan konten kuliner berbasis fotografi, lho. Pekerjaan ini dibutuhkan di restoran, penerbit buku resep, dan media-media promosi makanan, termasuk media sosial.

2. Bisnis makanan

Bekerja di dunia bisnis makanan bisa dimulai dengan kreativitas pemasarannya. Mulailah dengan promosi kecil-kecilan makanan andalan kamu di media sosial dengan visual yang menarik. Tidak cuma bisnis makanan yang kamu buat sendiri, kamu juga bisa berbisnis makanan titip jual, waralaba, dan dropship!

3. Chef

Selain membuat berbagai jenis makanan yang pastinya lezat, seorang chef atau koki juga menciptakan menu-menu baru mulai dari pastry, dessert, makanan utama, juga minumannya. Kamu bisa menjadi koki di restoran, hotel, dan berwirausaha dengan menjadi koki di brand kamu sendiri.

4. Food vlogger

Food vlogging cocok buat kamu yang suka sharing dan mengajak teman-teman untuk mencoba kuliner yang layak direkomendasikan. Di samping membuat konten rekomendasi, seorang food vlogger bisa membuat review makanan mulai dari rasa, tekstur, atau visual sajiannya.

Nah, kalau kamu punya passion di bidang kuliner dan mau belajar lebih dalam, ada beberapa lembaga pendidikan vokasi yang menyediakan pendidikannya di jurusan Tata Boga, lho! Berikut beberapa lembaga pendidikan vokasi dengan jurusan Tata Boga:

1. Politeknik Negeri Balikpapan
2. Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung
3. Akademi Komunitas Favorit Samarinda
4. Akademi Komunitas Manajemen Perhotelan Indonesia

Itu dia berbagai profesi yang bisa kamu tempuh sebagai lulusan pendidikan vokasi bidang kuliner dan tata boga. Nah, kepingin jadi yang mana?



Simak Video "Siap ke Industri, Ditjen Vokasi Targetkan Prodi D3 Beralih ke D4"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia