Profil Thailand, Negeri Gajah Putih Destinasi Favorit Para Wisatawan

Faqihah Muharroroh Itsnaini - detikEdu
Senin, 10 Mei 2021 14:30 WIB
Hari Gajah Nasional di Thailand
Foto: (dok AFP)
Jakarta - Thailand adalah salah satu tujuan destinasi wisata terpopuler di daerah Asia Tenggara. Negara ini juga termasuk dari lima negara pendiri ASEAN pada 8 Agustus 1967. Apa saja fakta menarik negara Thailand?

Thailand terletak di Asia Tenggara, sebelah daerah Indo-China hingga sebagian semenanjung Malaya. Secara astronomis, Thailand terletak di antara 5° hingga 21° LU dan 97° hingga 106° BT.

Secara geografis, batas wilayah negara Thailand sebelah utara adalah Myanmar dan Laos, sebelah selatan berbatasan dengan Malaysia dan Teluk Siam, sebelah timur berbatasan dengan Kamboja dan Teluk Thailand, lalu sebelah barat berbatasan dengan Myanmar serta Laut Andaman.

Dengan luas wilayah sebesar 513.120 km2, Thailand menduduki peringkat ke-51 di dunia sebagai negara terluas. Negara ini dihuni sekitar 69,63 juta penduduk menurut data tahun 2019.

Negara Thailand dengan ibukota Bangkok memiliki bentuk negara monarki konstitusional yang menganut sistem demokrasi parlementer.

Saat ini, Thailand dipimpin oleh Raja Maha Vajiralongkorn sebagai kepala negara, dan Perdana Menteri Prayuth Chan-ocha sebagai kepala pemerintahan.

Lalu, mengapa Thailand sering dijuluki sebagai Negeri Gajah Putih?

Hal ini disebabkan karena gajah putih adalah hewan khas di Thailand. Hewan ini melambangkan monarki berdasarkan hukum, sehingga kerajaan berada dalam keadaan damai dan makmur.

Gajah putih juga dikaitkan dengan kelahiran Sang Buddha. Konon, ibunda Sang Buddha bermimpi seekor gajah putih memberikan hadiah berupa bunga lotus sebagai simbol kebijaksanaan dan kesucian, pada malam kelahiran Sang Buddha.

Bendera Thailand disebut dengan Thong Trairong atau bendera tiga warna. Bentuknya berupa lima lajur mendatar dengan warna berturut-turut merah, putih, biru, putih, merah. Ukuran lajur warna biru dua kali lebih lebar dari lajur lainnya.

Bendera yang diresmikan pada 28 September 1917 ini memiliki beberapa makna. Warna merah melambangkan negara, warna putih melambangkan agama, sedangkan biru melambangkan raja. Ukuran panjang dan lebar bendera ini adalah 3:1.

Dari segi bahasa, Thai adalah bahasa resmi di Thailand, sekaligus dialek resmi di Bangkok. Namanya dalam bahasa Thai disebut juga dengan Phasa Thai (bahasa rakyat Thailand).

Sebagian ahli bahasa mengatakan bahwa bahasa ini kemungkinan memiliki hubungan dengan kelompok bahasa Austroasiatik, Austronesia, atau Sino-Tibet.

Sekitar 90 persen masyarakat Thailand didominasi oleh pemeluk agama Buddha aliran Theravada. Sementara minoritas lainnya adalah penduduk beragama Islam, Kristen, dan Hindu.

Thailand merupakan salah satu negara yang menjadi destinasi wisata paling banyak dikunjungi di Asia Tenggara. Seperti didatangi lebih dari 38 juta turis di tahun 2018.

Hal ini disebabkan oleh sejumlah faktor. Diantaranya adalah karena pantai atau wisata alam yang cantik, kekayaan budaya dan sejarah, festival serta kuliner unik, kuil-kuil kuno, dan akomodasi yang murah.

Salah satu yang bisa ditemukan di Thailand adalah Sungai Chao Phraya yang merupakan sungai utama. Sungai ini adalah gabungan dari Sungai Ping dan Nan.

Sungai Chao Phraya mengalir ke selatan melewati kota Bangkok dan bermuara di Teluk Siam.

Beberapa proyek irigasi mendapat air dari jajaran Sungai Chao Phraya untuk mengairi dataran rendah. Maka, sungai ini juga menjadi salah satu simbol kemakmuran bangsa Thailand. Wah, menarik sekali ya. Apakah detikers tertarik mengunjungi negeri gajah putih ini?



Simak Video "Thailand Siap Sambut Wisatawan Asing dan Tak Perlu Karantina"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia