Ini Syarat Perpanjangan SKCK, Lengkap dan Mudah!

Faqihah M Itsnaini - detikEdu
Sabtu, 24 Apr 2021 09:00 WIB
Dibukanya pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 11 November kemarin, membuat permohonan pembuatan SKCK meningkat.
Foto: Pradita Utama/Ini Syarat Perpanjangan SKCK, Lengkap dan Mudah!
Jakarta -

Apakah detikers pernah mengurus Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)? Kini, proses permohonan pembuatan maupun perpanjangan SKCK sudah semakin mudah.

Topik yang kali ini dibahas adalah mengenai tata cara perpanjangan SKCK. Bagaimana cara, biaya, dan syarat perpanjangan SKCK? Simak penjelasannya di sini.

SKCK adalah surat keterangan resmi yang diterbitkan Polri, berisi tentang ada atau tidaknya catatan-catatan individu yang bersangkutan dalam tindakan kriminalitas atau kejahatan.

Apa manfaat dari SKCK? Biasanya, surat ini wajib dilampirkan bagi orang yang ingin melamar pekerjaan atau mengajukan beasiswa. Fungsinya sebagai pernyataan bahwa orang yang bersangkutan tidak pernah melakukan tindakan kriminal dan merupakan warga sipil yang baik.

Detikers dapat mengurus perpanjangan SKCK di Polres, Polsek, atau Polda tergantung dengan kebutuhan.

Masa Berlaku dan Jenis Perpanjangan SKCK

Saat seseorang memperpanjang SKCK, ada dua kemungkinan. Pertama, SKCK sudah kedaluwarsa dan melewati masa berlaku. Kedua, SKCK dalam masa tenggang waktu atau belum habis masa berlaku.

Masa berlaku SKCK adalah 6 bulan sejak tanggal surat diterbitkan. Jika telah melewati masa berlaku dan dirasa perlu, SKCK bisa diperpanjang kembali.

Jika SKCKsudah habis masa berlaku dan kurang dari 1 tahun, maka SKCK bisa diperpanjang.
Jika masa berlaku SKCK sudah lebih dari 1 tahun, maka wajib membuat SKCK baru.

Sebenarnya, tidak ada perbedaan prosedur dan tata cara dari perpanjangan SKCK baik yang sudah kedaluwarsa atau belum. Semua membutuhkan kelengkapan dan syarat yang sama.

Syarat dan Prosedur Perpanjangan SKCK

Untuk memperpanjang masa berlaku SKCK, perhatikan langkah-langkah di bawah ini:


1. Surat pengantar dari kelurahan.

Untuk poin ini, sebaiknya tanyakan lebih dahulu ke kantor kepolisian. Beberapa orang biasanya menggunakan surat pengantar dari kelurahan atau surat pengantar dari polsek kelurahan.

Namun, jika masa tenggang SKCK sudah habis, biasanya diperlukan surat pengantar kelurahan.

2. Membawa SKCK lama yang asli atau fotocopy legalisir.

Bila SKCK lama milikmu hilang, kamu bisa menggantinya dengan SKCK fotocopy legalisir

3. Membawa fotocopy KTP/SIM/kartu identitas yang masih berlaku

4. Membawa fotocopy Kartu Keluarga

5. Membawa fotocopy Akta Kelahiran, atau kenal lahir, dan ijazah terakhir legalisir

6. Membawa pas foto terbaru yang berlatar merah ukuran 4x6 sebanyak 3 lembar

7. Mengisi formulir perpanjangan SKCK yang disediakan di kantor polisi

Syarat perpanjangan SKCK lainnya yang perlu diingat yaitu harus membayar biaya administrasi perpanjangan SKCK sebesar Rp 30.000. Hal ini tercantum dalam Sistem Informasi Pelayanan Publik Kemenpan RB.

Jika detikers ingin melanjutkan sekolah, bekerja, atau berkunjung ke luar negeri dan ingin mengajukan visa masuk ke suatu negara, harus mengurus SKCK di Polda. SKCK yang diterbitkan nanti akan ada dalam format 2 bahasa yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Untuk memperpanjang SKCK luar negeri, ada dokumen tambahan di luar persyaratan dalam negeri biasa, yaitu fotokopi paspor dan fotokopi buku nikah jika sudah menikah.

Kalau detikers sedang ada di luar negeri dan ingin mengajukan perpanjangan SKCK, bisa diwakilkan prosesnya pada keluarga atau teman. Tinggal minta mereka membawa dokumen syarat perpanjangan SKCK serta surat kuasa perwakilan saja.

Bagaimana, cukup mudah bukan?



Simak Video "Anggota TNI-Polri Ini Sisihkan Gaji Demi Bangun Rumah Warga Tak Mampu"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia