Kisah 25 Nabi

Kisah Nabi Sulaiman AS saat Pimpin Tentara Jin, Manusia, dan Burung

Kristina - detikEdu
Rabu, 21 Apr 2021 03:30 WIB
Kisah nabi
Foto: Ilustrasi: Mindra Purnomo/Kisah Nabi Sulaiman AS saat Pimpin Tentara Jin, Manusia, dan Burung

Percakapan Nabi Sulaiman AS dengan para tentaranya diceritakan dalam Q.S An-Naml ayat 38-42:

"Berkata Sulaiman: "Hai pembesar-pembesar, siapakah di antara kamu sekalian yang sanggup membawa singgasananya kepadaku sebelum mereka datang kepadaku sebagai orang-orang yang berserah diri." (Q.S An-Naml: 38).

"Berkata 'Ifrit (yang cerdik) dari golongan jin: "Aku akan datang kepadamu dengan membawa singgsana itu kepadamu sebelum kamu berdiri dari tempat dudukmu; sesungguhnya aku benar-benar kuat untuk membawanya lagi dapat dipercaya." (Q.S An-Naml: 39)

"Berkatalah seorang yang mempunyai ilmu dari Kitab: "Aku akan membawa singgasana itu kepadamu sebelum matamu berkedip". Maka tatkala Sulaiman melihat singgasana itu terletak di hadapannya, iapun berkata: "Ini termasuk kurnia Tuhanku untuk mencoba aku apakah aku bersyukur atau mengingkari (akan nikmat-Nya). Dan barangsiapa yang bersyukur maka sesungguhnya dia bersyukur untuk (kebaikan) dirinya sendiri dan barangsiapa yang ingkar, maka sesungguhnya Tuhanku Maha Kaya lagi Maha Mulia". (Q.S An-Naml: 40).

"Dia berkata: "Rubahlah baginya singgasananya; maka kita akan melihat apakah dia mengenal ataukah dia termasuk orang-orang yang tidak mengenal(nya)." (Q.S An-Naml: 41).

"Dan ketika Balqis datang, ditanyakanlah kepadanya: "Serupa inikah singgasanamu?"" Dia menjawab: "Seakan-akan singgasana ini singgasanaku, kami telah diberi pengetahuan sebelumnya dan kami adalah orang-orang yang berserah diri." (Q.S An-Naml: 42)

Itu tadi kisah Nabi Sulaiman AS yang bijak saat memimpin bala tentaranya. Bahkan, atas mukjizat yang ia miliki, Nabi Sulaiman AS mendapat julukan nabi seluruh makhluk.



Simak Video "Kisah Nabi Muhammad-Islampedia Siap Temani Harimu di Bulan Ramadhan"
[Gambas:Video 20detik]

(nwy/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia