BRI Ramadan Update: Kisah Cendekiawan Muslim

Cendekiawan Muslim Jabir Ibnu Hayyan, Bapak Kimia dan Karya-karyanya

Anatasia Anjani - detikEdu
Senin, 19 Apr 2021 10:15 WIB
Ibnu Hayyan dan Ibnu Haitsam
Foto: Ilustrasi Fauzan Kamil/Cendekiawan Muslim Jabir Ibnu Hayyan, Bapak Kimia dan Karya-karyanya
Jakarta -

Salah satu cendekiawan muslim yang berjasa dalam mengembangkan ilmu kimia adalah Jabir Ibnu Hayyan. Jabir lahir pada tahun 100 H atau 721 M di Khurasan.

Ayahnya bernama Hayyan Al-Attar seorang ahli syiah dan penjual obar-obatan. Jabir dikenal sebagai sufi yang tekun beri'tikaf di ruangan khusus di dalam rumahnya.

Selain itu Jabir adalah sosok yang mencintai ilmu pengetahuan karena kecintaannya tersebut dirinya berhasil menjalin hubungan baik dengan para pejabat istana.

Jabir Ibnu Hayyan tidak hanya tekun dalam satu bidang ilmu pengetahuan saja melainkan juga ahli dalam ilmu lain seperti kedokteran, filsafat, dan fisika. Karya-karya mengenai ilmu kimianya telah diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa di Eropa yang kemudian diserap oleh ilmu kimia modern.

Beliau mengenalkan beberapa teori dan konsep seperti materi dan zat murni, molekul, atom, dan partikel-partikel atom, konsep mizan (keseimbangan), konsep sulfur merkuri, dan beberapa proses kimiawi seperti; penguapan dan kristalisasi, dan penyulingan.

Penemuannya yang paling dikenal adalah besi dan logam. Jabir melakukan penelitian yang menemukan senyawa kimia yang dapat mencegah besi dan logam berkarat.

Selain itu penemuan lainnya adalah menemukan bahan kimia menjadi bahan pembuatan gelas kaca. Penemuan-penemuan tersebut tidak berhasil dalam sekali uji coba. Dirinya telah gagal berkali-kali namun pantang menyerah sampai menemukan hasil yang diharapkan.

Menurut Jabir dalam melakukan uji coba kimia adalah harus melalui banyak kerja praktik dan bereksperimen. Karena jika tidak melakukan kedua hal tersebut maka seseorang tidak akan pernah menjadi seorang ahli.

Klik pada halaman selanjutnya

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Bupati Purwakarta Wajibkan ASN Tadarus Al-Qur'an Sebelum Kerja"
[Gambas:Video 20detik]

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia