Struktur dan Contoh Surat Lamaran Kerja yang Sesuai Kaidah

Faqihah M Itsnaini - detikEdu
Senin, 19 Apr 2021 08:00 WIB
surat lamaran kerja
Bagaimana membuat surat lamaran kerja yang sesuai kaidah? Ini contohnya (Foto: iStock)
Jakarta - Sebelum mendaftar pekerjaan di suatu tempat, detikers harus mempersiapkan beberapa dokumen. Salah satu yang biasanya diperlukan adalah surat lamaran kerja.

Dikutip dari buku Pedoman Lengkap Menulis Surat karangan Adlan Ali dan Tanzili, surat lamaran kerja adalah surat permohonan yang dibuat oleh pencari kerja, untuk dikirimkan kepada perusahaan atau instansi demi mendapat pekerjaan sesuai lowongan yang ditawarkan.

Umumnya, para pencari kerja mendapat informasi dari media massa atau situs web lowongan kerja. Namun bisa juga diberitahu oleh karyawan dari perusahaan atau instansi yang bersangkutan.

Salah satu persyaratan yang biasanya dibutuhkan oleh pencari kerja adalah surat lamaran kerja ini. Di dalamnya, ada data pribadi pelamar yang disebut kualifikasi, dilengkapi dengan lampiran-lampiran yang penting sebagai bahan pertimbangan tempat bekerja.

Ada beberapa kualifikasi yang biasanya ditulis oleh pelamar. Seperti nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap, pendidikan, pengalaman kerja, surat keterangan berkelakuan baik, surat keterangan kesehatan, dan keterangan-keterangan lain yang berguna untuk pertimbangan penerimaan calon pekerja.

Secara umum, struktur surat lamaran kerja terdiri dari alamat surat, alamat pengirim, tanggal surat, salam pembuka, isi surat, salam penutup, dan tanda tangan.

Lalu, bagaimana contoh surat lamaran kerja?


1. Contoh Surat Lamaran Kerja untuk yang Berpengalaman

Jakarta, 15 Januari 2019


Yth.
Up. Bag. Personalia
Jln. MT. Haryono Kav. 16 Jakarta


Dengan hormat,
Berdasarkan iklan yang dimuat dalam harian umum Kompas pada Minggu, 2 Januari 2019, bahwa di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin membutuhkan karyawan untuk mengisi posisi internal audit.

Saya Ahmad Renaldi, lulusan Ilmu Ekonomi Universitas Indonesia pada 2015 dan telah bekerja sebagai Internal Audit di sebuah perusahaan swasta di Jakarta (referensi terlampir). Saya dapat berbahasa Inggris lisan dan tulisan, mampu mengoperasikan komputer, serta mampu mengaudit semua data.

Dengan ini, saya mengajukan permohonan lamaran pekerjaan agar dapat diterima sebagai karyawan di PT Sinar Mitra Finance yang Bapak/Ibu pimpin.
Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan daftar riwayat hidup, fotokopi ijazah, dan surat pelengkap lainnya.
Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.


Hormat saya,

Doni Saputra

2. Contoh Surat Lamaran Kerja untuk Fresh Graduate


Yogyakarta, 12 Juli 2010

Perihal : Lamaran Pekerjaan
Lampiran : 6 Lembar

Kepada Yth.
HRD PT. Dewata Group
Tenggilis Asri 35, Yogyakarta

Dengan hormat,
Sesuai dengan dengan lowongan kerja yang saya temukan di harian umum Republika pada 1 Juli 2010, bahwa perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin membutuhkan penyiar radio.

Berdasarkan syarat-syarat yang disebutkan dalam iklan, kiranya saya memenuhi syarat untuk mengisi pekerjaan itu. Oleh karena itu, saya sampaikan surat lampiran ini kepada Bapak/Ibu dengan kualifikasi sebagai berikut:

Nama : Kenny Purnama
Tempat/Tanggal Lahir : Yogyakarta, 26 Oktober 1990
Alamat : Jl. Merpati Putih Blok C 21, Yogyakarta
No. Hand phone : 0812 3467 9011
Pendidikan Terakhir : Strata satu

Saya adalah lulusan S1 jurusan Komunikasi yang memiliki ilmu dan pengalaman magang dengan job desk yang diinformasikan selama dua tahun belakangan. Saya berharap hal tersebut dapat menjadi menjadi pertimbangan untuk Bapak/Ibu memberikan kesempatan.

Sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu, saya juga melampirkan:

1. Daftar Riwayat Hidup ( Curriculum Vitae )
2. Foto copy Transkrip Nilai
3. Foto copy ijazah S-1
4. Foto copy KTP
5. Foto copy SKCK
6. Pas foto 3x4 terbaru

Demikianlah surat lamaran yang telah saya buat ini, saya sangat berharap untuk bisa mendapat kesempatan wawancara untuk bisa mengenalkan diri dengan lebih baik. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Kenny Purnama

Bagaimana detikers, mudah kan membuat surat lamaran kerja? Ayo siapkan surat lamaran terbaikmu dan semoga berhasil! (pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia