BRI Ramadan Update: Kisah Cendekiawan Muslim

Cendekiawan Muslim Al-Jazari, Bapak Robotika yang Menginspirasi Dunia

Rahma I Harbani - detikEdu
Sabtu, 17 Apr 2021 03:00 WIB
Al Jazari
Foto: Ilustrasi: Mindra Purnomo/Cendekiawan Muslim Al-Jazari, Bapak Robotika yang Menginspirasi Dunia
Jakarta -

Al-Jazari yang bernama asli Badi Al-Zaman Abullez bin Al-Razz Al-Jazari ini merupakan seorang cendekiawan muslim di bidang mekanik dan industri. Dia lahir di Ardhul Jazirah, sebuah wilayah yang terletak di antara Sungai Efrat dan Tigris di Irak, pada tahun 1136 M.

Nama Al-Jazari ini pun diambil dari tempat kelahirannya tersebut.

Dikutip dari detikINET, Al-Jazari pernah menjadi seorang kepala insinyur di Istana Artuklu, Anatolia Timur sebagai wilayah vasal di bawah pemerintahan Sultah Salahuddin dari Mesir. Semasa mudanya, Al-Jazari mengikuti ayahnya untuk mengabdi pada Raja Urtuq atau Artuqiddi Diyar Bakir sejak tahun 1174-1200 M.

Al-Jazari dikenal sebagai orang ahli di bidang mekanik hingga banyak menciptakan robot humanoid.

Ketekunan dan kecerdasannya inilah yang membuat Al-Jazari mendapat gelar Bapak Robotika (The Father of Robotic) karena dasar-dasar teknik robotika yang dirancangnya menginspirasi para ilmuwan modern lainnya.

Cendekiawan muslim ini pun mampu membuat aneka permainan yang berguna untuk menghibur para tamu raja kala itu.

Al-Jazari mulai merancang mesin robot pada abad ke-12. Donald Routledge dalam Studies in Medieval Islamic Technology yang dilansir dari detikNews, menyebutkan tidak ada satupun dari suatu kebudayaan yang dapat mengimbangi kelengkapan ilmu rancang bangun dan mesin-mesin dari Al-Jazari hingga saat ini.

Menurut Donald, pada tahun 1206, masih belum ada seorang pun yang mampu membuat jam gajah dengan tenaga air dan berat benda yang digunakan untuk bergerak secara otomatis. Jam gajah ini dibuat sedemikian rupa agar menghasilkan bunyi berupa seperti suara simbal dan burung berkicau tiap setengah jam.

Sebagai informasi, replika jam gajah karya Al-Jazari dibuat kembali oleh London Science Museum sebagai bentuk apresiasi untuknya.

Terkait robot humanoid, melansir dari buku 30-Second AI and Robotics 50 Key Notions, Fields, and Events in the Rise of Intelligent Machines, Each Explained in Half a Minute oleh Luis de Miranda, robot humanoid pertama kali diciptakan oleh Al-Jazari sejak abad ke-13.

Prinsip humanoid automation inilah yang menginspirasi pengembangan robot hingga masa sekarang. Penemuan terkait humanoid automation ini kemudian dilanjutkan oleh saintis Italia Leonardo da Vinci di abad ke-15, dan boneka mekanik Karakuri dari Jepang pada abad ke-18.

Cendekiawan muslim ini juga dikenal dunia karena berbagai penemuannya yang lain seperti, mesin pembakaran (combustion engine), proses mesin atau engkol, pompa penyedot air (suction pump), mesin krukas (crankshaft), mesin pemrograman (programmable), mesin otomatisasi (automation), dan termasuk mikro teknologi.

Salah satu penemuannya adalah mesin cuci tangan otomatis dengan menggabungkan mekanisme flush dan saat ini digunakan pada toilet flush modern.

Al-Jazari pun mewariskan karya yang sangat berharga bagi masyarakat Baghdad melalui penciptaan mesin kincir airnya. Penemuan ini tentu menginspirasi teknologi berprinsip hidrolik di berbagai negara.

Kehebatan lain dari Al-Jazari, selain mampu menemukan prinsip-prinsip teknik robotika, ia juga mampu menuliskan pemikirannya tersebut ke dalam sebuah karya yang berjudul "Al-Jami' Bain al-'Ilm wa al-'Aml al-Nafi' fi Shinat'at al-Hiyal" (The Book of Knowledge of Ingenious Mechanical Devices).

Dalam buku ini, Al-Jazari menjelaskan lebih dari 100 penemuannya, termasuk penemuan robot band musik dan 4 robot pramusaji di atas perahu yang melayani minuman secara otomatis.

Di balik kecerdasan dan kepiawaiannya dalam penemuan mekanik tersebut, sebagaimana cendekiawan muslim lain di abad pertengahan, Al-Jazari juga ahli dalam ilmu agama seperti fikih.



Simak Video "Bupati Purwakarta Wajibkan ASN Tadarus Al-Qur'an Sebelum Kerja"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia