Surat Ali Imran Surat Ke 3 dalam Al Quran, Berikut Ini Keutamaan Membacanya

Kristina - detikEdu
Selasa, 13 Apr 2021 16:30 WIB
Al Quran
Foto: Getty Images/iStockphoto/LV4260
Jakarta - Surat Ali Imran merupakan surat ketiga dalam Al Quran. Surat ini terdiri dari 200 ayat dan tergolong ke dalam surat Madaniyah.

Surat Ali Imran (آل عمران ) menceritakan tentang kisah keluarga Imran. Mulai dari kelahiran Maryam putra Imran hingga kelahiran nabi Isa AS putra Maryam.

Membaca surat Ali Imran memiliki banyak keutamaan. Salah satunya diberikan syafa'at kelak pada hari Kiamat.

Keutamaan Membaca Surat Ali Imran

Dikutip dari Syarah Riyadhush Shalihin, diriwayatkan oleh Muslim (pengesahan nomor 105), dari an-Nawas bin Sam'an ia berkata: Rasulullah Saw bersabda: "Nanti pada hari Kiamat al Quran akan didatangkan bersama orang yang dahulu mengamalkannya waktu di dunia, digaris terdepan adalah surat al-Baqarah dan Ali 'Imran yang akan membela pembacanya kelak."

Baca juga: Keutamaan Surat Al Baqarah: Dicukupkan Rezeki dan Dilindungi Allah SWT

Haidar Ahmad al A'raji dalam bukunya yang berjudul Mukjizat Surah-Surah Alquran mengatakan, barang siapa yang membaca surat Ali Imran maka kelak di Hari Kiamat kepalanya akan dinaungi oleh awan.

Tidak ada hari khusus untuk membacanya. Disunahkan untuk membaca di hari apa saja.

Membaca surat Ali Imran ayat ke-26 dan 27 akan memperluas rezeki. Orang yang membaca kedua ayat tersebut selama 40 hari sebanyak 40 kali dalam sehari, maka akan terselamatkan dari kejahatan musuh, memperoleh kedudukan tinggi, dipenuhi hajatnya, dan diselesaikan utang-utangnya.

Dijelaskan lebih lanjut dalam buku tersebut, disunahkan untuk membaca ayat ke-154 bersama ayat ke-29 dari surat al Fath dan surat al Fatihah selama 10 hari sebanyak 11 kali setiap harinya. Keutamaan yang diperoleh berupa kemudahan segala hajat dan keinginan atas izin Allah SWT.

Keutamaan lain yang diperoleh dari membaca surat Ali Imran di antaranya akan disifati sebagai orang kaya. Diriwayatkan oleh Ad-Darimi No. 3261,

حَدَّثَنَا أَبُو نُعَيْمٍ حَدَّثَنَا إِسْرَائِيلُ عَنْ أَبِي إِسْحَقَ عَنْ سُلَيْمِ بْنِ حَنْظَلَةَ الْبَكْرِيِّ قَالَ قَالَ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مَسْعُودٍ مَنْ قَرَأَ آلَ عِمْرَانَ فَهُوَ غَنِيٌّ وَالنِّسَاءُ مُحَبِّرَةٌ قَالَ أَبُو مُحَمَّد مُحَبِّرَةٌ مُزَيِّنَةٌ

Telah menceritakan kepada kami Abu Nu'aim telah menceritakan kepada kami Isra`il dari Abu Ishaq dari Sulaim bin Hanzhalah Al Bakri ia berkata; Abdullah bin Mas'ud berkata; Barangsiapa yang membaca surat Ali Imran maka ia adalah orang kaya, sedangkan jika ia seorang perempuan maka ia adalah orang yang berhias. Abu Muhammad berkata; Muhabbirah berarti perempuan yang berhias. (HR. Ad-Darimi No.3261)

Allah SWT akan memberikan pahala sholat malam bagi siapa saja yang membaca surat Ali Imran di malam hari.

حَدَّثَنَا إِسْحَقُ بْنُ عِيسَى عَنْ ابْنِ لَهِيعَةَ عَنْ يَزِيدَ بْنِ أَبِي حَبِيبٍ عَنْ أَبِي الْخَيْرِ عَنْ عُثْمَانَ بْنِ عَفَّانَ قَالَ مَنْ قَرَأَ آخِرَ آلِ عِمْرَانَ فِي لَيْلَةٍ كُتِبَ لَهُ قِيَامُ لَيْلَةٍ

Telah menceritakan kepada kami Ishaq bin Isa dari Ibnu Lahi'ah dari Yazid bin Abu Habib dari Abu Al Khair dari Utsman bin 'Affan ia berkata; Barangsiapa yang membaca akhir surat Ali Imran pada malam hari, maka ditulis baginya pahala shalat malam. (HR. Ad-Darimi No. 3262)

Itu tadi keutamaan membaca surat Ali Imran surat ketiga dalam Al Quran.

Simak Video "Pentingnya Mengikuti Aturan Waqaf Saat Membaca Al-Qur'an"
[Gambas:Video 20detik]
(erd/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia