Hasil Sidang Isbat Puasa 2021: Awal Ramadhan 1442 H Jatuh pada 13 April

Kristina Ina - detikEdu
Senin, 12 Apr 2021 19:18 WIB
Menag
Foto: Dok. Kemenag/Hasil Sidang Isbat Puasa 2021: Awal Ramadhan 1442 H Jatuh pada 13 April
Jakarta - Kementerian Agama menetapkan 1 Ramadhan 1442 Hijriah jatuh pada 13 April 2021. Ketetapan itu diputuskan dalam sidang isbat yang dihadiri oleh (tamu undangan sidang).

Sidang isbat digelar di Kantor Kementrian Agama, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (12/4/2021). Sidang digelar secara terbatas dengan tetap mematuhi protokol kesehatan COVID-19. Tamu undangan seperti perwakilan ormas mengikuti sidang secara daring.

"Peserta Sidang Isbat secara mufakat bersepakat bahwa 1 Ramadan jatuh pada esok hari, Selasa, 13 April 2021," kata Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas.

Hadir dalam sidang terbatas di Kementerian Agama, perwakilan Duta Besar negara sahabat, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Abdullah Zaidi, Ketua Komisi VIII Yandri Susanto, Wamenag Zainut Tauhid Sa'adi, Sekjen Kemenag Nizar, dan Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin. Sidang juga diikuti perwakilan ormas, namun melalui aplikasi pertemuan dalam jaringan (daring).

Rangkaian sidang isbat diawali dengan pemaparan posisi hilal awal Ramadhan 1442 H oleh anggota Falakiyah Kemenag, (nama perwakilan falakiyah). Tim Flakiyah Kemenag diketahui melakukan pemantauan hilal di (total titik pengamatan) di seluruh Indonesia.

Penetapan awal bulan hijriah didasarkan pada hisab dan rukyat. Proses hisab sudah ada dan dilakukan oleh hampir semua ormas Islam.

Posisi Hilal Awal Ramadhan 1442 H

Sidang isbat dimulai dengan agenda penjelasan mengenai posisi hilal oleh Lembaga Falakiyah Kemenag. Direktur Urusan Agama Islam Kemenag Agus Salim sebelumnya mengatakan pihaknya menurunkan beberapa pemantau hilal di 86 lokasi yang tersebar di 34 provinsi.

Pemantau hilal itu berasal dari petugas Kanwil Kemenag dari beberapa Kabupaten/kota beserta ormas Islam lainnya. Laporan mengenai hilal awal Ramadhan 1442 H disampaikan anggota Tim Unifikasi Kalender Hijriyah Kementerian Agama Cecep Nurwendaya.

Sidang Isbat digelar secara tertutup. Tamu undangan mendengarkan laporan dari tim rukyat.

Ormas Islam dan tamu undangan berdiskusi bersama Kemenag untuk menetapkan 1 Ramadhan 1442 Hijriah. Kemudian diputuskan melalui sidang isbat bahwa awal puasa Ramadhan 144 H jatuh pada 13 April 2021.

Simak Video "Sah! Idul Fitri 1442 H Jatuh Kamis 13 Mei 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia