Doa Gempa M 6,1 Malang, Arab, Latin, dan Artinya

Tim detikcom - detikEdu
Sabtu, 10 Apr 2021 21:10 WIB
Rumah warga di kawasan Malang selatan, Kabupaten Malang rusak akibat gempa M 6,7 (dok. Istimewa).
Foto: Rumah warga di kawasan Malang selatan, Kabupaten Malang rusak akibat gempa M 6,7 (dok. Istimewa).
Jakarta -

Gempa mengguncang Malang berkekuatan magnitudo (M) 6,1, tadi siang. Musibah itu menyebabkan beberapa orang meninggal dunia dan beberapa bangunan rusak.

Dalam keterangan tertulisnya, BMKG melaporkan gempa Malang terjadi pada Sabtu (10/4/2021) pukul 14.00 WIB. Titik koordinat gempa terjadi pada 8,95 Lintang Selatan dan 112,48 Bujur Timur.

Episenter gempa berada di laut dengan jarak 90 km dari arah barat daya Kabupaten Malang. Gempa memiliki kedalaman 25 km dan tidak berpotensi tsunami.

Dilaporkan getaran gempa terasa hingga ke Bali dan Yogyakarta. Netizen pun ramai mengirim doa.

Mantan Gubernur Nusa Tenggara Barat yang juga Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Wathan (NW) Tuan Guru Kiai Haji (TGKH) Muhammad Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB) juga memberikan doa melalui Instagram-nya.

Hal itu diposting TGB dengan isi:

Assalamualaikum warahmatullohi wabarakatuhu. Siang tadi, gempa cukup besar melanda daerah Malang dan sekitarnya.

Beberapa jam kemudian, gempa juga menimpa Kepulauan Sangihe.

Doa kita untuk saudara-saudara kita yang tertimpa. Kita bertawassul dengan berkah Ramadan yang mulia, semoga Allah Subhanahu Wa Taala menjauhkan kita dari segala musibah. Amin ya Rabbal alamin

Berikut doa gempa bumi Malang yang diposting TGB:


ﺍَﻟﻠَّﻬُﻢّ ﺇِﻧّﻲْ ﺃَﺳْﺄَﻟُﻚَ ﺧَﻴْﺮَﻫَﺎ ﻭَﺧَﻴْﺮَ ﻣَﺎ ﻓِﻴْﻬَﺎ، ﻭَﺧَﻴْﺮَ ﻣَﺎ ﺃَﺭْﺳَﻠْﺖَ ﺑِﻪِ؛ ﻭَﺃَﻋُﻮْﺫُ ﺑِﻚَ ﻣِﻦْ ﺷَﺮِّﻫَﺎ، ﻭَﺷَﺮِّﻣَﺎﻓِﻴْﻬَﺎ ﻭَﺷَﺮِّﻣَﺎ ﺃَﺭْﺳَﻠْﺖَ ﺑِﻪِ

Latin: Allâhumma innî asaluka khairaha wa khaira mâ fîhâ, wa khaira mâ arsalta bihi, wa a'ûdzubika min syarrihâ, wa syarri mâ fîhâ wa syarri mâ arsalta bihi.

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kehadirat-Mu kebaikan atas apa yang terjadi, dan kebaikan apa yang di dalamnya, dan kebaikan atas apa yang Engkau kirimkan dengan kejadian ini. Dan aku memohon perlindungan kepada-Mu dari keburukan atas apa yang terjadi dan keburukan atas apa yang terjadi di dalamnya, dan aku juga memohon perlindungan kepada-Mu atas apa-apa yang Engkau kirimkan. Aamiin ya robbal alamin," tulis TGB.



Simak Video "Malang Lagi-lagi Diguncang Gempa, Netizen: Stay Safe Semuanya"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia