6 Jenis Literasi yang Perlu Dikuasai Mahasiswa

Kristina - detikEdu
Sabtu, 10 Apr 2021 11:01 WIB
Self education concept. Young woman reading book, sitting on floor at home, panorama, free space
6 Jenis Literasi yang Perlu Dikuasai Mahasiswa (Ilustrasi Foto: iStock)
Jakarta - Literasi memiliki dampak luas bagi kehidupan sehari-hari. Termasuk kemampuan berpikir dan mengambil keputusan.

Rebecca Powell dalam bukunya yang berjudul Literacy as a Moral Imperative mengatakan bahwa literasi lebih dari sekedar semantik, yang mempelajari tentang baca tulis. Menurutnya, literasi didefinisikan lebih luas sebagai proses sosial dan budaya yang terjadi di masyarakat.

Ditjen Dikti membagikan pengetahuan tentang literasi dasar yang perlu dikuasai mahasiswa. Terdapat 6 jenis literasi, mulai dari literasi baca hingga finansial.

"Ternyata jenis literasi ada banyak, loh! Terdapat enam jenis literasi dasar yang perlu kita kuasai. Mulai dari literasi baca hingga finansial", seperti dikutip dalam akun Instagram @ditjen.dikti.

Berikut 6 literasi dasar yang wajib kamu tahu,

1. Literasi Baca dan Tulis

Literasi ini berkaitan dengan pengetahuan dan kecakapan dalam memperoleh dan mengolah informasi. Sebagai mahasiswa, kamu dapat dapat mempelajarinya untuk mengembangkan pemahaman dan potensi yang kamu miliki.


2. Literasi Numerasi

Seperti namanya, literasi jenis ini berkaitan dengan angka. Adapun pengertiannya adalah pengetahuan dan kecakapan untuk memperoleh dan mengkomunikasikan berbagai macam angka dan simbol. Kemampuan ini bertujuan untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari.


3. Literasi Sains

Literasi selanjutnya berkaitan dengan pengetahuan dan kecakapan dalam memperoleh pengetahuan dan menjelaskan fenomena ilmiah. Kamu dapat meningkatkan kepedulian terhadap isu-isu seputar sains dan perkembangannya.


4. Literasi Digital

Perkembangan TIK membawa pengaruh terhadap kebiasaan anak muda. Sebagai mahasiswa, kamu perlu menguasai literasi satu ini. Literasi digital adalah pengetahuan dan kecakapan dalam menggunakan media digital dan alat-alat komunikasi. Memahami literasi digital akan menjadikan kamu lebih mudah untuk membina interaksi di kehidupan sehari-hari.

5. Literasi Budaya

Literasi ini berkaitan dengan aspek kebudayaan. Literasi budaya berarti pengetahuan dan kecakapan dalam memahami dan bersikap terhadap kebudayaan Indonesia sebagai identitas bangsa. Terlebih Indonesia adalah negara dengan beragam suku bangsa dan kebudayaan.

6. Literasi Finansial

Terakhir berkaitan dengan keuangan. Literasi finansial merupakan pengetahuan dan kecakapan untuk memahami konsep dan risiko dalam konteks finansial. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan individu maupun sosial.


Itulah enam literasi dasar yang wajib kamu tahu dan juga perlu dikuasai. Semoga bermanfaat!

Simak Video "Strategi Nasional untuk Wujudkan Ekonomi Digital"
[Gambas:Video 20detik]
(erd/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia