4 Fungsi Pajak, Arti, dan Manfaatnya untuk Pembangunan

kiky faqiha - detikEdu
Senin, 05 Apr 2021 13:36 WIB
Google Dikejar Pajak
Foto: Andhika Akbarayansyah/4 Fungsi Pajak, Arti, dan Manfaatnya untuk Pembangunan
Jakarta - Sebagai warga negara yang baik, kita wajib membayar pajak untuk ikut serta dalam pembangunan. Hampir semua negara memiliki kebijakan aturan perpajakan, tak hanya Indonesia.

Pajak yang wajib dibayarkan setiap tahun berupa pajak pekerjaan, pajak kendaraan, atau pajak bumi dan bangunan. Ada juga pajak saat makan atau berbelanja kebutuhan lainnya.

Berikut Seluk-Beluk Pajak yang Harus Diketahui:

  • A. Arti Pajak

Ada beberapa definisi pajak dari ahli yang perlu detikers ketahui.

Menurut akademisi perpajakan dari Indonesia Prof. Dr. P.J. A. Adriani, pajak adalah iuran masyarakat kepada negara (yang dapat dipaksakan dan terutang oleh yang wajib membayarnya menurut peraturan undang-undang, dengan tidak mendapat prestasi kembali, berguna untuk membiayai pengeluaran-pengeluaran umum terkait tugas negara dalam menjalankan pemerintahan.

Sementara itu, ekonom Dr. Soeparman Soemahamidjaja mengatakan, pajak adalah iuran wajib, berupa uang atau barang yang dipungut penguasa berdasarkan norma-norma hukum, guna menutup biaya produksi barang dan jasa kolektif dalam mencapai kesejahteraan umum.

Berdasarkan UU No 28 Tahun 2007 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan, Pajak adalah kontribusi wajib kepada negara yang terutang oleh pribadi atau badan yang bersifat memaksa berdasarkan undang-undang. Tidak mendapat imbalan langsung dan digunakan untuk keperluan negara bagi kemakmuran rakyat.

Dari berbagai definisi di atas, dapat disimpulkan beberapa ciri pajak https://www.detik.com/tag/pajak, di antaranya iuran wajib pada negara, bersifat memaksa, dipungut berdasarkan undang-undang, tidak mendapat balas jasa langsung, dan digunakan untuk biaya kepentingan umum.

Namun, jangan khawatir. Biasanya uang dari hasil pajak akan dikembalikan lagi ke masyarakat dalam bentuk berbeda. Bisa berupa pembangunan infrastruktur seperti jalan tol atau jembatan, layanan publik, dan kesejahteraan masyarakat lainnya.

  • B. Fungsi Pajak

Pajak berperan sangat penting dalam kehidupan bernegara sebagai salah satu sumber penerimaan. Selain untuk pembangunan, pajak juga mengatur kegiatan ekonomi negara.

Ada beberapa fungsi pajak, yaitu:

1. Fungsi Anggaran

Pajak adalah sumber pemasukan keuangan negara yang menghimpun dana ke kas negara. Tujuannya untuk membiayai pengeluaran negara atau pembangunan nasional.

Jadi, pajak difungsikan untuk membiayai pembangunan infrastruktur, memperluas lapangan kerja, dan lainnya.

2. Fungsi Mengatur

Pajak digunakan sebagai alat mengatur atau melaksanakan kebijakan negara dalam lapangan ekonomi dan sosial.

Fungsi mengaturnya antara lain memberikan proteksi terhadap barang produksi dalam negeri, pajak untuk menghambat laju inflasi, pajak untuk mendorong ekspor, dan pajak untuk menarik serta mengatur investasi modal demi perekonomian produktif.

3. Fungsi Stabilitas

Artinya, pemerintah memiliki dana untuk menjalankan kebijakan yang berhubungan dengan stabilitas negara, sehingga inflasi dapat dikendalikan.

Caranya melalui pemungutan pajak, mengatur peredaran uang di masyarakat, dan penggunaan pajak yang efektif efisien.

4. Fungsi Pemerataan Pendapatan (redistribusi)

Fungsi pajak sebagai pemerataan artinya dapat digunakan untuk menyeimbangkan dan menyesuaikan antara pembagian pendapatan dan kesejahteraan masyarakat. Jadi, pajak berfungsi untuk pemerataan pendapatan masyarakat.

  • C. Manfaat Pajak

Ada beberapa manfaat pajak yang bisa detikers rasakan. Seperti pembangunan sarana umum berupa jembatan, jalan raya, sekolah, rumah sakit, bandara, pasar, dan lain sebagainya. Lalu manfaat pajak untuk belanja pegawai seperti ASN, polisi, dan TNI. Manfaat pajak untuk subsidi pupuk, bahan bakar, dan subsidi listrik.

Manfaat pajak juga dapat menyediakan fasilitas bantuan beras, kesehatan, pendidikan gratis, lalu untuk membayar utang negara, dan menciptakan lapangan kerja, pembinaan, dan penyediaan modal bagi usaha kecil serta menengah.

Jangan lupa tertib membayar pajak ya, detikers!

Simak Video "Dear YouTuber hingga Selebgram, Jangan Lupa Lapor Pajak Yuk!"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia