Mengenal Persamaan Dasar Akuntansi

Tim detikcom - detikEdu
Minggu, 04 Apr 2021 10:00 WIB
Kas BRI Unit Sinabang
Mengenal persamaan dasar akuntansi (Ilustrasi Foto: Rifkianto Nugroho)
Jakarta - Sebagai anak yang masuk ke jurusan IPS maka detikers harus belajar dan mengerti tentang persamaan dasar akuntansi. Ilmu yang satu ini memiliki kegunaan khususnya detikers yang bercita-cita sebagai akuntan atau pencipta software akuntansi. Untuk mengetahui informasi yang lebih lengkap, detikers bisa simak selengkapnya hanya di bawah ini:

Pengertian Persamaan Dasar Akuntansi

Persamaan dasar akuntansi adalah salah satu dasar jika Anda ingin menjadi akuntan yang handal. Sebab persamaan dasar ini bisa juga disebut sebagai fondasi. Jadi, tanpa menggunakan persamaan ini tentunya Anda akan kesulitan untuk mempelajari bab akuntansi yang lebih luas lagi.

Hampir semuanya dari mulai konsep hingga kerangka akuntansi semuanya berdasarkan pada dasar ini tadi. Dengan ini maka detikers bisa membuat aset menjadi sama dengan kewajiban dan juga ekuitasnya.

Formulasi Persamaan Dasar Akuntansi

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya bahwa aset adalah harus sama dengan kewajiban dan juga ekuitasnya. Jadi, untuk rumusnya sendiri adalah Aset = Kewajiban + Ekuitas. Nah formulasi inilah yang menjadi dasar dari perhitungan akuntansi yang mungkin terlihat sangat rumit dan jelimet.

Walaupun rumus di atas terlihat seperti penjumlahan biasa namun peletakan kewajiban yang ada di posisi paling kiri ini ada artinya loh. Ya, karena kewajiban ini sangat erat dengan orang lain seperti utang maka harus diutamakan terlebih dahulu.

Ya, hutang harus dilunasi terlebih dahulu sebelum perusahaan bangkrut sehingga bisa dianggap lebih lancar dibandingkan dengan ekuitasnya. Persamaan yang satu ini sangat erat kaitannya dengan aktivitas dan juga transaksi secara bisnis. Jadi, bisa disimpulkan bahwa jika kewajiban dan juga ekuitasnya meningkat maka asetnya pun juga harus meningkat.

Komponen yang Ada dalam Persamaan Dasar Akuntansi

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa aset sama dengan kewajiban digabung dengan ekuitas. Namun, Apakah Anda ini sudah paham betul mengenai tiga istilah di atas? Jika belum tak ada salahnya bergabung dan ikut menyimak pembahasan berikut ini:

1. Aset

Aset bisa dikatakan sebagai salah satu sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan yang maka digunakan untuk mendapatkan manfaat di masa yang akan datang. Aset ini sendiri dibagi menjadi tiga jenis.

Aset lancar yaitu berupa kas, piutang, dan juga biaya dibayar di muka. Kemudian, untuk aset tetap bisa berupa kendaraan atau gedung. Sedangkan untuk aset yang tidak berwujud adalah seperti hak cipta hak paten, dan lain sebagainya.

2. Kewajiban

Untuk kewajiban ini merupakan sejumlah dana yang biasanya dipinjam oleh perusahaan kepada kreditur dan harus lunas sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Nah utang ini sangat penting untuk dicatat karena urusannya dengan orang lain. Untuk utang sendiri ada utang jangka panjang dan ada juga yang jangka pendek.

3. Ekuitas

Ekuitas ini adalah bagian dari aset yang dimiliki oleh pemegang saham yang juga masuk ke dalam rumus bersama kewajiban. Ada beberapa akun ekuitas umum yaitu seperti modal pemilik, saham biasa, laba ditahan, modal disetor, dan masih banyak lagi lainnya.

Itu dia beberapa pembahasan penting mengenai persamaan dasar akuntansi yang harus diketahui oleh detikers semua khususnya yang anak IPS. Jadi, ada beberapa hal juga yang harus diperhatikan dalam mempelajari ilmu yang satu ini.

Semoga informasi yang ada di atas bisa bermanfaat dan membuat detikers semuanya paham dengan apa yang dibahas ya. (pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia