Macam-macam Rasi Bintang yang Paling Terkenal dan Populer

Tim detikcom - detikEdu
Minggu, 04 Apr 2021 07:00 WIB
Dua bocah melihat pemandangan gugusan bintang Galaksi Bima Sakti yang terlihat di langit Kota Kupang, NTT, Sabtu (18/4/2020). Akibatnya padamnya listrik di Kota Kupang, warga pun berbondong-bondong keluar rumah untuk menyaksikan keindahan alam tersebut. ANTARA FOTO/Kornelis Kaha/wsj.
Berburu rasi bintang di langit sangat mengasyikkan (Foto: ANTARA FOTO/Kornelis Kaha)
Jakarta - Dalam pelajaran astronomi, kita harus mengetahui bahwa bintang-bintang di langit membentuk suatu rasi yang cukup unik. Sebenarnya ada banyak sekali rasi bintang yang ada di dunia ini, namun ada yang populer di kalangan masyarakat dan akan dijelaskan di bawah ini:

Rasi Bintang Cygnus

Rasi bintang yang pertama adalah Cygnus atau yang biasa disebut dengan angsa. Cygnus ini bisa kita lihat di langit bagian utara dan memiliki sebanyak enam bintang yang bersilang dan biasa disebut seperti salib.

Ya, bentuknya ini sangat sederhana namun tak sesederhana kelihatannya. Untuk bintang yang paling terang pada rasi yang satu ini dinamakan dengan Deneb. Deneb ini merupakan bintang yang terbesar yang ada di langit.

Bintang ini berada di bagian ekor angsa dan terlihat sangat jelas pada langit malam. Untuk bintang-bintang yang lainnya adalah albiero, rukh, giennahm dan sadr yang berada di tengah-tengah. Biasanya terlihat musim panas dan juga musim gugur di bagian bumi utara.

Rasi Bintang Crux

Selanjutnya rasi bintang yang juga populer di kalangan anak sekolah adalah Crux. Rasi yang satu ini diketahui paling kecil di antara yang lainnya. Namun, walaupun ukurannya sangat kecil dibandingkan yang lain namun kepopulerannya mengalahkan banyak rasi lainnya.

Crux sangat terkenal di langit selatan sebab banyak orang zaman dahulu yang menggunakannya sebagai penunjuk jalan. Untuk mengenalinya juga cukup mudah di mana hanya terdiri dari 5 bintang saja yang terang.

Bintang-bintang ini adalah Mimosa, Delta Crucis, Acrux, Gacrux, dan juga Zeta Crucis. Jika Cygnus punya rasi yang seperti salib namun berbentuk angsa, Crux ini memiliki bentuk yang sama persis dengan salib karena bersilangan secara lurus sebab tak ada bintang terang lainnya.

Rasi Bintang Hydra

Selanjutnya yaitu Hydra yang sangat terkenal karena kebalikan dengan Crux. Ya, apabila Crux terkenal dengan rasi terkecil maka Hydra ini yang terbesar. Untuk melihat Hydra ini terletak di langit selatan dan bisa ditemui dengan mudah.

Mengapa mudah? Sebab rasi bintang yang satu ini mengidentifikasikannya mudah sebab bentuknya yang sangat sederhana yaitu seperti ular dengan kepala di atasnya. Ya, bisa dikatakan mirip dengan ular kobra yang bisa berdiri.

Untuk kepalanya sendiri berada di rasi bintang cancer, sedangkan untuk ekornya sendiri berasa di bagian centaurus dan juga libra. Untuk bintang penyusun rasi yang satu ini adalah Zhang, Lerna, Alphard, Minchir, dan lain sebagainya.

Rasi Bintang Pegasus

Kemudian, rasi bintang yang lainnya adalah rasi bintang pegasus yang juga sangat populer karena sangat identik dengan hewan dalam mitologi Yunani. Hewan ini adalah kuda terbang yang cukup mengagumkan.

Bentuk rasi bintang ini memang terlihat seperti badan kuda di bagian langit utara. Nama pegasus pastinya sudah tak asing lagi ditelinga detikers karena memang sering diadopsi pada berbagai film atau komik.


Rasi Bintang Leo

Terakhir, adalah Leo yang juga sangat populer karena digambarkan seperti seekor singa yang sangat ikonis dan mudah dikenali. Untuk melihatnya, detikers bisa melihat di langit bagian utara. Leo ini bergandengan di sebelah Cancer, Hydra, Virgo, Lynx, dan lain sebagainya.

Itu dia beberapa rasi bintang yang perlu diketahui karena sangat populer. Nah, dengan rasi bintang di atas maka detikers semua akan lebih mudah untuk mengenalnya. Jangan lupa untuk ikut menyebarkan agar banyak orang makin tahu. (pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia