Perbedaan Barang Jadi, Barang Setengah Jadi, dan Barang Mentah serta Contohnya

Faqihah M Itsnaini - detikEdu
Rabu, 31 Mar 2021 09:48 WIB
Pembeli memilih pakaian bekas yang dijual di Pasar Poncol Senen, Jakarta, Senin (20/8). Berburu pakaian impor bekas yang bermerk, trendy dan ekonomis menjadi tradisi warga. Pakaian bekas tersebut dijual Rp 5 hingga 40 ribu per potongnya. Jauh lebih murah dari membeli pakaian baru dengan harga rata-rata Rp 100 ribu per potong.
Pakaian termasuk contoh barang jadi (Foto: Jhoni Hutapea)
Jakarta - Apakah detikers pernah mendengar istilah barang jadi? Mengapa ada istilah barang jadi dan apa bedanya dengan selain barang jadi?

Barang jadi adalah barang untuk penggunaan akhir oleh konsumen tanpa proses komersial lebih lanjut. Barang jadi yang juga disebut barang konsumen (consumer goods) ini dibentuk untuk memuaskan kebutuhan atau keinginan konsumen.

Barang jadi ini dapat digunakan konsumen akhir seperti konsumen, investor, pemerintah, atau eksportir.

Sebelum membahas lebih lanjut, apa saja jenis-jenis barang yang ada di industri? Dalam industri terdapat 3 jenis barang yaitu barang mentah, barang setengah jadi, dan barang jadi. Ketiga jenis barang ini dapat ditemukan di sekitar kita, lho.

Dalam proses produksi, barang akhir dapat dihasilkan dari pengolahan bahan baku ataupun barang setengah jadi.

Barang jadi dibagi menjadi dua yaitu berupa produk tahan lama (durable goods) dan produk tidak tahan lama (non-durable goods).

Produk tahan lama biasanya memiliki masa manfaat lebih dari tiga tahun. Detikers masih dapat menggunakan barang jenis ini selama rentang waktu cukup lama tanpa harus kehilangan manfaat.

Contoh barang jadi seperti furniture dan alat rumah tangga, pakaian, atau elektronik yang memiliki masa manfaat lebih dari satu tahun.

Sebaliknya, barang yang tidak tahan lama memiliki masa manfaat yang lebih pendek. Mereka biasanya habis sekali dikonsumsi. Beberapa memiliki masa manfaat kurang dari tiga tahun. Contohnya adalah makanan dan minuman.

Untuk lebih mudahnya, salah satu contoh proses produksi adalah sebuah buku. Contoh barang jadi dalam hal ini adalah buku, dibentuk dari kertas yang merupakan barang setengah jadi. Nah, kertas ini terbuat dari kayu yang merupakan bahan mentahnya.

Bagaimana detikers, sampai sini sudah tergambar belum?

Secara singkat, barang jadi adalah barang mentah yang diproses menjadi barang setengah jadi, lalu diproses dengan hasil akhir barang jadi.

(pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia