Pengertian Barang Substitusi dan Contoh-Contohnya

Faqihah M Itsnaini - detikEdu
Selasa, 30 Mar 2021 20:30 WIB
Woman inserting a contact lens in her eye.
Lensa kontak dapat jadi barang subtitusi bagi kacamata (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Apakah detikers pernah ingin membeli suatu produk, namun tidak tersedia, lalu beralih ke produk sejenis yang ada? Produk seperti ini dinamakan barang substitusi.

Manusia pada dasarnya membutuhkan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan hidup. Barang dan jasa inilah yang disebut sebagai alat pemuas kebutuhan. Alat pemuas kebutuhan dikelompokkan menjadi beberapa jenis.

Salah satunya adalah alat pemuas kebutuhan yang dibagi berdasarkan hubungannya dengan benda lain. Klasifikasi ini dibagi menjadi dua yaitu barang substitusi dan barang komplementer.

Barang substitusi adalah barang pemuas kebutuhan yang dapat menggantikan peran benda pemuas kebutuhan lainnya. Namun hal ini tidak menghilangkan nilai kegunaan dengan barang yang diganti. Contohnya detikers dapat memiliki pengganti barang dengan barang yang punya merk berbeda namun fungsi barangnya tetap sama.

Untuk menjadi barang substitusi, dua produk tidak perlu identik. Produk identik disebut dengan barang substitusi sempurna. Contohnya, mobil buatan Jepang berbeda dengan mobil buatan Amerika. Namun, keduanya sama-sama memiliki empat roda, mampu mengangkut penumpang, dan beroperasi dengan bensin.

Dalam hal pemuas kebutuhan, benda substitusi memiliki peran penting di pasar. Pasalnya, barang ini dianggap memiliki manfaat bagi konsumen untuk memberikan pilihan pemenuhan kebutuhan di saat barang sejenis tidak ditemukan.

Barang substitusi ini dapat menjadi pilihan jika barang asli atau barang pertama yang dipilih konsumen tidak tersedia. Contoh sederhananya, beras digantikan dengan jagung atau gandum sebagai makanan pokok.

Ketersediaan barang substitusi membuat suatu barang memiliki tingkat elastisitas yang tinggi. Hal ini disebabkan karena ketika harga suatu barang meningkat, konsumen akan dengan mudah mengalihkan permintaan ke barang lainnya yang sejenis.

Setelah memahami pengertian dan fungsi barang substitusi, berikut beberapa contoh barang substitusi diantaranya:

1. Pulpen dan Pensil

Alat tulis dapat dijadikan barang subtitusi dengan barang yang memiliki fungsi sama. Salah satunya adalah pulpen yang diganti dengan pensil untuk menulis di kertas. Kedua barang itu memiliki fungsi atau kegunaan yang sama untuk merangkai kata-kata, gambar, atau hal lainnya di atas permukaan kertas.

2. Laptop dan tablet

Selanjutnya, bagi orang-orang yang membutuhkan alat elektronik yang mudah dibawa untuk bekerja, dapat menggunakan kedua barang ini. Biasanya orang dapat memilih antara laptop atau tablet untuk fungsi yang sama, yaitu untuk pekerjaan, hiburan, menyimpan data, dan lainnya.

3. Kacamata dan lensa kontak

Lalu, ada kacamata dan lensa kontak sebagai barang substitusi. Biasanya, orang memiliki kacamata karena lebih murah dan mudah dirawat, namun ada juga orang yang ingin menggantinya dengan lensa kontak karena lebih praktis dan enak dilihat.


Bagaimana detikers, sudah tahu kan apa yang dimaksud dengan barang substitusi dan contohnya? (pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia