Satelit: Benda Angkasa Pengiring Planet dan Jenis-Jenisnya

Faqihah M Itsnaini - detikEdu
Jumat, 26 Mar 2021 08:00 WIB
Planet Jupiter dan Saturnus sejajar menjelang Natal, apakah ini fenomena bintang terang yang muncul saat Yesus lahir?
Satelit merupakan benda angkasa pengiring planet (Foto: BBC Magazine)
Jakarta - Sistem tata surya tak hanya diisi planet-planet. Selain planet, ada juga benda angkasa yang lain, salah satunya benda angkasa pengiring planet yaitu satelit.

Satelit adalah benda yang mengorbit planet dengan periode revolusi dan rotasi tertentu. Satelit beredar mengelilingi planet dan bersama-sama mengelilingi matahari. Saat satelit mengelilingi matahari, ia tidak menghasilkan cahaya sendiri. Satelit terlihat bercahaya karena memantulkan cahaya matahari yang jatuh di permukaan.

Umumnya, arah rotasi dan revolusi satelit sama dengan arah rotasi dan revolusi dari planetnya, yaitu dari barat ke timur, kecuali satelit planet Neptunus. Hampir seluruh planet dalam tata surya memiliki satelit, meskipun ada juga planet yang tidak memiliki satelit yaitu Merkurius dan Venus.

Ada dua jenis satelit , yaitu satelit alam dan satelit buatan. Satelit alami adalah benda langit yang bergerak mengorbit suatu planet dan tertahan oleh gaya tarik yang lebih besar. Satelit jenis ini yang sering dikenal sebagai benda angka pengiring planet. Sedangkan satelit buatan adalah benda yang dibuat manusia dan beredar mengelilingi benda lain misalnya satelit Palapa.

Mengapa manusia membuat satelit buatan? Tujuannya adalah untuk mendapatkan informasi keadaan cuaca, merelai siaran radio dan televisi, sebagai navigasi dan pembuatan peta, serta untuk penyelidikan ilmiah.

Satelit alami berjumlah cukup banyak. Seperti bumi memiliki 1 satelit yaitu bulan, Mars memiliki 2 satelit yaitu Phobos dan Deimos, lalu Neptunus memiliki 8 satelit yaitu Naiad, Thalassa, Despina, Galatea, Larissa, Proteus, Triton, dan Nereid.

Kemudian, Jupiter memiliki 16 satelit yang bernama Metis, Adrastea, Amalthea, Thebe, Io, Europa, Ganymede, Callisto, Leda, Himalia. Lalu Uranus memiliki 17 satelit terdiri dari Cordelia, Ophelia, Bianca, Cressida, Desdemona, Juliet, Portia, Rosalind, Belinda, Puck, Miranda, Ariel, Umbriel, Titania, Oberon, U1, dan U2.

Terakhir, Saturnus adalah planet yang paling banyak memiliki satelit dengan jumlah 18. Nama satelitnya adalah Pan, Atlas, Prometheus, Pandora, Epimetheus, Janus, Mimas, Enceladus, Tethys, Telesto, Calypso, Dione, Helene, Rhea, Titan, Hyperion, Iapetus, dan Phoebe.

Satelit buatan juga terdiri dari berbagai jenis. Sejauh ini, ada satelit astronomi, satelit komunikasi, satelit pengamat bumi, satelit navigasi, satelit mata-mata, satelit tenaga surya, satelit angkasa, dan satelit cuaca. Jadi detikers sudah tahu kan benda angkasa pengiring planet itu? (pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia