5 Tips Mengatur Ruang Belajar yang Nyaman dan Produktif

Tim detikcom - detikEdu
Kamis, 25 Mar 2021 16:31 WIB
Belajar di rumah
Foto: iStock
Jakarta - Sebagai seorang pelajar atau mahasiswa, ruang belajar adalah tempat yang penting untuk produktivitasmu. Tapi, agar kamu bisa benar-benar produktif dan mencapai apa yang jadi goal-mu setiap hari, kamu jelas perlu membatasi gangguan atau distraksi agar kamu bisa benar-benar berkonsentrasi.

Kalau begitu, bagaimana ya caranya agar kamu bisa benar-benar fokus berkonsentrasi saat berada di dalam ruang belajar? Kamu bisa ikuti 5 tips berikut ini agar kamu bisa selalu fokus dan produktif saat menghabiskan waktu di ruang belajarmu!

1. Matikan HP atau Notifikasinya

Kamu paling sudah merasakan sendiri susahnya berkonsentrasi karena HP-mu sendiri. Misalnya untuk membalas chat yang seolah tak ada habisnya, scrolling Instagram, update Twitter, menonton video kucing di YouTube, dan sebagainya.

Ternyata, menjauhkan HP dari jangkauanmu bisa memberikan efek yang signifikan dalam meningkatkan konsentrasi. Sebuah studi sudah membuktikan bahwa keberadaan HP bisa mengurangi kemampuan seseorang untuk fokus.

Oleh karena itu, jauhkan HP dari jangkauan pandanganmu, seperti di dalam laci atau ransel. Kemudian, kamu bisa atur notifikasinya agar hanya telepon atau pesan yang benar-benar penting dan urgen saja yang bisa kamu dengar.

2. Gunakan Warna untuk Mengorganisir

Cara termudah yang bisa kamu coba untuk mengorganisir atau merapikan bahan-bahan belajarmu adalah dengan menggunakan warna. Sistem ini dikenal pula dengan istilah color code. Di sini, kamu bisa gunakan warna biru untuk menunjukkan mata pelajaran atau mata kuliah A, warna pink untuk materi B, dan sebagainya.

Kemudian, gunakan warna tersebut untuk warna buku catatan, binder, atau map. Dengan begitu, kamu bisa kelompokkan materi belajar ke dalam kelompok yang berbeda-beda berdasarkan warna, yang akan mempermudahmu dalam menemukan materi yang dibutuhkan untuk belajar.

3. Sediakan Spot untuk Charger

Sedang fokus-fokusnya mengerjakan tugas dan belajar materi tes, tapi konsentrasimu langsung buyar karena ada notifikasi low battery pada laptop atau tablet yang sedang kamu pakai? Tentu menjengkelkan kan, kalau kamu harus berhenti sejenak mengerjakan tugas atau belajar, mencari charger, menancapkan stekernya ke stop kontak, baru kemudian kamu bisa kembali mengerjakan tugas atau belajar?

Terdengar simpel, tapi hal tersebut bisa dengan mudah mengurangi atau malah membuyarkan konsentrasimu. Oleh karena itu, cara terbaik adalah dengan memastikan bahwa charger-mu selalu ada di dekat meja belajar. Di samping itu, pastikan pula bahwa stop kontak di ruang belajar juga dekat dengan lokasi mejamu. Kamu bisa gunakan kabel rol kalau lokasi stop kontaknya tidak terjangkau oleh charger.

4. Pastikan Alat Tulis Lengkap dan Tersedia

Terkadang, masih ada tugas yang perlu kamu kerjakan di atas kertas, alias tidak diketik. Atau, kamu mungkin lebih fokus belajar kalau kamu membaca sambil membuat catatan. Oleh karena itu, kamu perlu pastikan bahwa semua perlengkapan alat tulismu sudah siap dan lengkap di atas meja sebelum kamu mulai belajar atau mengerjakan tugas.

Jadi, kalau kamu membutuhkan highlighter warna tertentu, atau perlu mengganti bolpen, kamu tidak perlu harus memutus konsentrasimu.

5. Selalu Bersihkan Meja dan Ruangan

Begitu kamu selesai menggunakan ruang belajar, selalu luangkan waktu dan tenaga untuk merapikan dan membersihkan meja belajar maupun ruangan. Kembalikan kondisinya seperti semula agar besok ketika kamu akan belajar atau mengerjakan tugas, kamu bisa langsung mulai tanpa harus repot beres-beres lagi.

Penelitian bahkan sudah menunjukkan bahwa ada hubungan antara kekacauan di atas meja atau dalam ruangan dengan penurunan produktivitas. Sebab, barang-barang yang berceceran atau berantakan bisa meningkatkan distraksi atau gangguan, yang tentu ingin kamu hindari, kan? (pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia