Doa Nisfu Syaban, Keutamaan, dan Amalannya

Tim Hikmah detikcom - detikEdu
Kamis, 25 Mar 2021 12:15 WIB
Saat Umat Muslim Dunia Berlomba Raih Lailatul Qadar

Di bulan Suci Ramadhan, ada satu malam yang selalu ditunggu-tunggu kehadirannya oleh umat Muslim di seluruh dunia. Lailatul Qadar. Malam yang biasa disebut malam seribu bulan itu jatuh pada 10 malam terakhir bulan Ramadhan.
Foto: Anadolu Agency via Getty Images/Anadolu Agency/Doa Nisfu Syaban, Keutamaan, dan Amalannya
Jakarta - Malam Nisfu Syaban adalah malam mulia setelah Lailatul Qadar dan terjadi pada 15 Syaban. Keutamaan Nisfu Syaban, pertama, pada malam itu merupakan malam pengampunan.

Hal ini karena pada malam Nisfu Syaban Allah SWT menurunkan pengampunan. Keutamaan lainnya yakni Allah juga mengabulkan permohonan kepada hamba-Nya yang soleh pada malam Nisfu Syaban seperti hadits riwayat Imam Ibn Majah.

Disebutkan juga, pada Nisfu Syaban dua malaikat pencatat amal sehari-hari manusia yakni Raqib dan Atid, menyerahkan catatan amal manusia kepada Allah SWT. Buku catatan amal diganti baru tiap tahunnya.

Malam Nisfu Syaban 2021 yakni terjadi pada tanggal 15 Syaban atau Minggu 28 Maret 2021. Dalam buku bertajuk Kalender Harian Ibadah Sunnah oleh Mujahidin Nur, salah satu doa yang baik dibaca pada malam Nishfu Syaban adalah doa yang disunnahkan dibaca pada malam Lailatul Qadar.

Doa malam Nisfu Syaban

Allaahumma innaka 'afuwwung- kariimung-tuhibbul 'afwa fa'fu 'annii. Allaahumma innii asalukal 'afwa wal 'aafiyata wal mu'aafaataddi imati fiddiini waddunyaa wal aakhiroh.

Artinya:

"Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf lagi Maha Pemurah, Engkau suka memaafkan maka maafkanlah aku. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon maaf, afiyah, dan keselamatan yang terus-menerus dalam agama, dunia serta akhirat."

Pada malam Nisfu Syaban kita juga dianjurkan untuk melakukan amalan. Amalan itu sesuai HR Imam Ibn Majah.

"Nabi SAW bersabda, 'Apabila tiba malam Nisfu Syaban maka sholatlah pada malam harinya dan berpuasalah pada siang harinya, karena rahmat Allah SWT akan turun ke langit dunia pada saat tersebut sejak terbenam matahari dan Allah SWT berfirman, 'Adakah orang yang meminta ampun, maka akan Aku ampuni, adakah yang meminta rizki, maka akan kuberikan rizki untuknya, adakah orang yang terkena musibah maka akan Aku lindungi, adakah sedemikian, hingga terbit fajar." (HR Imam Ibn Majah).

Ustaz Abdul Somad dalam sebuah video yang dikirimkan kepada detikcom, pada April 2020, menyebutkan pada malam Nisfu Syaban dianjurkan untuk membaca surat Yasin 3 kali setelah Maghrib.

1. Setelah membaca Surat Yasin pertama, sesudah membaca lalu niat panjang umur
2. Setelah membaca Surat Yasin pertama, sesudah membaca lalu niat menolak bala
2. Setelah membaca Surat Yasin pertama, sesudah membaca lalu niat hanya berharap pada Allah.

Ustaz Abdul Somad mengatakan, setiap baca surat Yasin satu kali pada malam nisfu Syaban, kita langsung berdoa. Doanya yakni:

"Audzu billaahi minasyaithoonirrojiim. Bismillahirrohmaanirrohiim. Alhamdulillaahi robbil 'aalamiin. Wassolaatu wassalam alaa Asrofil ambiya war mursaliim. Allahumma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa alaa aalii sayyidina Muhammad. (Kemudian) Mintalah kepada Allah," kata Ustaz Abdul Somad.



Simak Video "Meraih Kemuliaan Lailatul Qadar"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia