Mau Masuk Unpad Jalur Prestasi? Ini Syarat dan Cara Daftarnya

Faqihah Muharroroh Itsnaini - detikEdu
Kamis, 18 Mar 2021 14:46 WIB
Unpad
Foto: Mukhlis Dinillah/Mau Masuk Unpad Jalur Prestasi? Ini Syarat dan Cara Daftarnya
Jakarta -

Detikers berminat kuliah di Universitas Padjadjaran atau Unpad? Kabar baik, Unpad baru saja membuka seleksi masuk program sarjana melalui jalur Mandiri Prestasi.

Berlokasi di Jawa Barat, Unpad adalah salah satu kampus favorit bagi calon mahasiswa baru. Ada ribuan peminat yang bersaing demi mendapatkan kursi di Unpad setiap tahunnya.

Tahun ini, Unpad membuka penerimaan mahasiswa baru jalur prestasi, selain melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, dan mandiri.

Seleksi masuk program sarjana melalui jalur Mandiri Prestasi ini dibuka bagi lulusan SMA/MA/SMK tahun kelulusan 2021. Waktu pendaftaran seleksi masuk dibuka mulai Rabu, 17 Maret hingga 15 April 2021 pukul 15.00 WIB.

Untuk penilaian, program ini tentu akan mempertimbangkan nilai akademik serta prestasi siswa di bidang sains, olahraga, dan seni.

Lalu, bagaimana syarat, tata cara, dan jadwal pendaftaran Unpad Jalur Prestasi tahun 2021 ini? Berikut syarat, tata cara, dan jadwal pendaftaran Unpad Jalur Prestasi 2021 dilansir situs resmi Unpad:

A. Persyaratan Umum

1. Warga Negara Indonesia.
2. Lulusan SMA/MA/SMK tahun 2021.
3. Pendaftar Jalur Prestasi jenjang Sarjana harus mengikuti UTBK 2021 dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri (LTMPT).

4. Pendaftar memiliki nilai rapor SMA/MA/SMK semester 1 - 5 di atas KKM.

B. Persyaratan Khusus

1. Merupakan 25% siswa terbaik di kelas reguler pada semester 1 - 5 bagi lulusan SMA/MA/ SMK (khusus pendaftar prestasi SAINS) yang ditunjukkan dengan rapor asli.
2. Pendaftar kluster seni bidang orchestra/seni musik/paduan suara/seni suara harus dapat membaca partitur dengan menunjukkan sertifikat asli.

3. Memiliki prestasi minimal juara 3 dalam kompetisi seni, budaya, sains, olahraga dan kompetisi lainnya yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, seperti:

a. Olimpiade sains tingkat provinsi, nasional atau internasional dalam bidang: Matematika, Kebumian, Fisika, Geografi, Kimia, Informatika/Komputer, Biologi, Astronomi, dan Ekonomi

b. Festival dan lomba seni siswa tingkat provinsi atau nasional, Olimpiade penelitian siswa Indonesia, atau Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI)

c. Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI), National Schools Debating Championship (NSDC), dan Kompetisi Olahraga Siswa Nasional

4. Memiliki prestasi juara 1 di bidang seni dan olahraga tingkat provinsi, atau minimal juara 3 dalam kejuaraan tingkat nasional atau internasional. Kegiatan merupakan kegiatan resmi yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah, pemerintah pusat atau lembaga internasional bereputasi.

5. Memiliki prestasi sebagai penghafal kitab suci.

6. Surat pernyataan kesanggupan akan aktif di Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).

7. Menyerahkan dokumen/video portofolio kegiatan/prestasi.

C. Prosedur Pendaftaran

1. Memeriksa persyaratan umum dan khusus untuk mendaftar ke program studi yang dituju.

2. Mendaftar dan mengisi data secara online di laman https://pendaftaran.unpad.ac.id/login

3. Mengisi data yaitu nama lengkap, Nomor Induk Kependudukan (NIK), alamat email, nomor ponsel, mengisikan password yang diinginkan untuk login ke portal peserta SMUP, dan data kewarganegaraan (country of citizenship).

4. Mengupload dokumen asli sebagai berikut:

a. Nilai rapor SMA/MA/SMK pada semester 1 - 5
b. Surat rekomendasi kepala sekolah yang menyatakan prestasi siswa yang mendaftar. (Download surat rekomendasi di https://smup.unpad.ac.id/sarjana-jalur-prestasi/)
c. Sertifikat asli prestasi peserta

d. Pas foto terbaru berwarna dengan latar belakang putih ukuran 3×4 cm

e. Surat pernyataan kesanggupan akan aktif di Unit Kegiatan Kemahasiswaan. (Download di http://smup.unpad.ac.id/sarjana-jalur-prestasi/)

f. Dokumen/video portofolio kegiatan/prestasi

g. Kartu Tanda Penduduk

h. Kartu Keluarga

i. Dokumen yang diunggah dan data yang diisikan peserta akan diverifikasi oleh panitia seleksi. Dokumen yang dinyatakan tidak valid dapat diperbaiki peserta, selama masih dalam masa pengisian data.

5. Peserta membayar biaya pendaftaran ke bank yang ditunjuk Unpad sebesar Rp 250.000. Agar bisa membayar, peserta mencetak nomor tagihan yang diperoleh pada saat pendaftaran daring.

6. Peserta dipersilakan mencetak atau menyimpan kartu peserta ujian yang diperoleh setelah melakukan pembayaran di laman https://pendaftaran.unpad.ac.id/login

D. Jadwal Penting

Masa pendaftaran, pengisian data, unggah dokumen persyaratan dan finalisasi pendaftaran dapat dilakukan mulai 17 Maret 2021 dan ditutup pada 15 April 2021 pukul 15.00 WIB.

Sementara, masa pembayaran biaya pendaftaran dilakukan dari 17 Maret 2021 hingga 15 April 2021 pukul 15.00 WIB. Untuk pengumuman seleksi masuk program Sarjana Jalur Prestasi Unpad akan diberitahukan pada 18 Juni 2021.

Jadi tunggu apalagi? Buruan daftar!

(nwy/nwy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia