Apa Itu Iklan? Ini Fungsi, Tujuan, dan Jenisnya

Anastasia Anjani - detikEdu
Kamis, 11 Mar 2021 11:35 WIB
Di era digital, bisnis memiliki beragam pilihan mengembangkan brand atau merk lewat beragam platform media. Salah satunya lewat facebook. Seberapa dampaknya pada pertumbuhan bisnis?
Foto: Rachman Haryanto/Apa Itu Iklan? Ini Fungsi, Tujuan, dan Jenisnya
Jakarta -

Iklan adalah pesan yang diarahkan atau ditujukan untuk memengaruhi seseorang membeli sebuah produk. Pesan tersebut disampaikan melalui media dan ditujukan kepada masyarakat.

Berikut adalah fungsi, tujuan, dan jenis iklan yang dikutip dari buku berjudul Buku Ajar Pengantar Periklanan oleh Dr. Finnah Fourqoniah, M. Si. dan Muhammad Fikry Aransyah, MBA, BBA:

1. Fungsi Iklan

Fungsi iklan memberikan fungsi komunikasi yang mencakup:

a. Memberi Informasi, bertujuan untuk membuat konsumen sadar akan merek suatu produk dan membantu membangun citra yang positif dari merek tersebut.

b. Mempersuasi, iklan yang efektif memiliki bertujuan untuk meyakinkan pelanggan agar mau mencoba produk yang ditawarkan.

c. Mengingatkan, hal ini dilakukan agar merek suatu produk tersebut terus diingat oleh masyarakat.

d. Memberikan Nilai Tambah

Memberikan nilai tambah bagi merek dengan mempengaruhi pandangan konsumen. Iklan yang efektif dapat memengaruhi konsumen untuk melihat produk tersebut menjadi lebih elegan, modis, bergengsi, dan lebih unggul dari produk pesaing.

e. Mendampingi

Maksud dari fungsi mendampingi adalah iklan dapat digunakan sebagai alat komunikasi untuk memulai kegiatan promosi.

2. Tujuan Iklan

a. Tujuan iklan adalah memperkenalkan suatu produk agar konsumen terpengaruh untuk membeli produk tersebut.

b. Menginformasikan, membujuk, dan mengingatkan konsumen akan suatu produk.

c. Membangun kesadaran akan suatu merek.

d. Membangun hubungan pelanggan dengan menyampaikan nilai pelanggan.

3. Jenis-jenis Iklan

Iklan dibagi menjadi dua bagian yaitu secara umum dan khusus.

A. Iklan secara umum

- Iklan tanggung jawab sosial, yaitu iklan yang dirancang untuk menyebarkan informasi dan memiliki sifat untuk mendidik agar masyarakat memiliki tanggung jawab atas suatu masalah sosial.

- Iklan bantahan, yaitu iklan yang disampaikan melalui media dan bertujuan untuk membantah/ menyangkal suatu tuduhan yang tidak benar. Iklan ini bertujuan untuk memperbaiki citra produk tersebut.

- Iklan pembelaan, merupakan kebalikan dari iklan bantahan. Iklan ini bertujuan untuk mendapatkan simpati publik.

-Iklan perbaikan, iklan yang digunakan untuk memperbaiki pesan-pesan yang salah dan sudah terlanjur disebarluaskan melalui media.

-Iklan keluarga, iklan yang berisikan pesan-pesan tentang seputar keluarga.


B. Iklan secara khusus

-Iklan cetak, yaitu iklan yang dipasang dan dibuat menggunakan teknologi cetak. Contohnya yaitu surat kabar, baliho, poster, spanduk, dan lain sebagainya.
-Iklan baris, adalah iklan yang terdiri beberapa baris kata atau kalimat saja. Iklan ini biasa ditemukan di koran.
-Iklan kolom, iklan ini memiliki lebar satu kolom namun lebih tinggi dibandingkan iklan baris. Contoh dari iklan ini adalah iklan kolom adalah advertorial.
Iklan display, merupakan iklan yang lebih luas dari iklan iklan kolom dalam menampilkan sesuatu. Contoh iklan display yaitu iklan radio dan iklan televisi.

Demikianlah pengertian, tujuan, fungsi, dan jenis iklan seperti yang dipaparkan di atas ya detikers. Jangan sampai salah memahaminya.

(nwy/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia