Mengenal Teks Eksposisi dan Contohnya

Tim detikcom - detikEdu
Kamis, 04 Mar 2021 19:23 WIB
pelepas stres bisa menulis
Ilustrasi mengenal teks eksposisi dan contohnya (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Teks eksposisi adalah paragraph ataupun karangan yang di dalamnya terkandung beberapa informasi serta pengetahuan yang disampaikan atau disajikan dengan singkat, akurat dan padat.

Teks ini juga disebut sebagai ragam atau jenis teks yang mempunyai fungsi untuk menyampaikan gagasan-gagasan yang merupakan pemikiran mengenai suatu atau sebuah topik. Paragraf eksposisi ini mempunyai sifat yang ilmiah atau bisa disebut juga sebagai paragraph atau teks non fiksi.

Teks atau paragraf eksposisi ini sering dipakai dalam komunikasi sehari-hari dengan secara lisan ataupun tulisan. Contohnya, saat detikers berdiskusi di dalam sebuah seminar, detikers menyampaikan pendapat atau argumen dan lain sebagainya.

Untuk lebih memperjelas mengenai uraian, biasanya bisa dilengkapi dengan gambar, grafik atau statistik. Untuk catatan, cukup sering teks ini berisi mengenai uraian mengenai langkah atau cara atau proses kerja yang umumnya disebut sebagai paparan proses.

Ada beberapa jenis dari teks ini, yaitu eksposisi definisi, eksposisi proses, eksposisi ilustrasi, eksposisi laporan, eksposisi perbandingan, dan eksposisi pertentangan. Teks atau paragraph eksposisi sendiri seperti teks lainnya, yaitu mempunyai struktur.

Mempelajari mengenai teks atau paragraph eksposisi, tentu detikers juga perlu mengetahui mengenai ciri-ciri teks tersebut. Inilah ciri-ciri teks eksposisi:


1. Padat dan singkat.
2. Gaya informasi mengajak.
3. Teks disampaikan dengan lugas dan memakai Bahasa baku.
4. Teks menjelaskan tentang berbagai informasi pengetahuan.
5. Tidak memaksakan kemauan penulis ke pembaca.
6. Sifatnya netral dan objektif.
7. Fakta dipakai untuk menjadi alat konkritasi serta kontribusi.
8. Biasanya menjawab pertanyaan-pertanyaan apa, kapan, siapa, mengapa, dimana dan bagaimana.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, teks eksposisi adalah teks yang mempunyai struktur. Adapun struktur tersebut diantaranya sebagai berikut:

1. Judul: Ini harusnya menggambarkan mengenai sesuatu yang akan dibahas di dalam teks. Biasanya ini ditulis dengan singkat, namun menarik dan sarat makna.

2. Pernyataan umum: Ini mempunyai fungsi untuk mengenalkan tentang topik serta menempatkan para pembaca di posisi yang tertentu. Karena teks yang dipakai penulis ingin untuk menyampaikan pendapat, maka pembaca di sini bisa di dalam posisi yang sama pendapatnya ataupun berseberangan.

3. Alasan atau argumen: Panjang atau pendeknya bagian yang satu ini tergantung dari jumlah argumen yang sudah dikenalkan detikers secara garis besarnya dalam pernyataan umum, lalu detikers menyampaikan kembali serta menjabarkan argumen itu ke dalam paragraf-paragraf. Pengembangan dari argumen untuk menjadi paragraf dilakukan dengan penyajian alasan serta contoh.

4. Simpulan atau penegasan ulang pendapat: pengulangan ini dilakukan berdasarkan argumen yang sudah disampaikan di bagian yang sebelumnya. Pengulangan pendapat atau opini ini sifatnya pilihan, maka dari itu tidak semua eksposisi memilikinya.

Nah, setelah mengetahui secara singkat mengenai teks atau paragraf eksposisi, selanjutnya yang perlu detikers ketahui. Untuk itu, inilah contoh singkat teks eksposisi tersebut.

KLIK HALAMAN SELANJUTNYA UNTUK MEMBACA

Selanjutnya
Halaman
1 2

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia