Aman Berselancar di Dunia Maya, Pakai Proxy Server Sekarang Juga

Tim detikcom - detikEdu
Kamis, 25 Feb 2021 14:10 WIB
Smiling millennial Indian girl in wireless headset sit at desk in living room study online on laptop, happy young ethnic female in headphones watch webinar or course on Internet on computer
Ilustrasi pengguna internet menggunakan proxy server (Foto: Getty Images/iStockphoto/fizkes)
Jakarta - Saat detikers berselancar di internet, selain bisa dengan bebas mengakses informasi juga tidak akan terlepas dari adanya risiko. Hal inilah yang harus detikers waspadai, salah satunya dengan menggunakan proxy. Tanpa detikers menggunakan server ini, maka IP address dari pengguna bisa tampil jelas di dunia maya. Oleh karena itu, IP address ini wajib untuk dilindungi agar tidak disalahgunakan.

Pengertian Proxy


Untuk detikers yang masih belum tahu tentang apa itu Proxy, maka di sinilah saatnya detikers memahami lebih dalam tentang Proxy. Proxy sendiri adalah sistem yang membuat pengguna bisa mengakses jaringan internet dengan menggunakan IP address secara berbeda yang diterima oleh perangkat. Agar bisa berfungsi dengan baik, maka proxy server sangatlah dibutuhkan.

Di mana Proxy untuk server merupakan komputer yang digunakan untuk memberikan beragam layanan Proxy yang sangat dibutuhkan oleh pengguna. Jadi, detikers sebagai pengguna bisa menggunakan jaringan internet dan menghubungkannya ke Proxy.

Cara Kerja Proxy

Cara kerja dari Proxy ini sebetulnya tidak terlalu rumit, bahkan tergolong sederhana. Di mana detikers sebagai user menggunakan suatu layanan Proxy lalu meminta data yang ada di internet. Kemudian Proxy akan melanjutkannya ke internet yang bisa diibaratkan bahwa Proxy inilah yang sudah memintanya.

Saat proxy server sudah mendapatkan apa yang diinginkan oleh detikers atau user, lalu Proxy akan mengirimkan respon pada detikers yang seakan-akan dialah yang sudah menjadi public server-nya.

Manfaat Menggunakan Proxy

Jika detikers menggunakan proxy, maka ada banyak manfaat yang bisa didapatkan. Apa saja manfaat itu?

1. Bisa Lebih Hemat Bandwidth

Dengan menggunakan Proxy, maka detikers bisa lebih menghemat bandwidth dari koneksi internet karena adanya proses caching yang menyimpan cookies dari situs yang sebelumnya sudah pernah didatangi.

2. Pakai Internet Lebih Lancar
Detikers pasti ingin menggunakan internet dengan bebas hambatan kan? Solusinya adalah dengan menggunakan Proxy. Karena Proxy bisa meningkatkan kinerja dari internet. Dengan begitu, akses internet pun bisa lebih lancar dan cepat.

3. Jaringan Internet Lebih Aman
Selain dapatkan kecepatan akses internet, detikers juga diuntungkan dengan jaringan komputer yang lebih aman. Dengan menggunakan Proxy, maka detikers bisa aman dari serangan virus dan gangguan malware.

4. Mampu Memblokir Situs Terlarang
Situs yang mengandung SARA dan situs terlarang lainnya bisa terblokir secara otomatis saat detikers menggunakan Proxy. Hal ini karena tersedianya fitur berupa filtering.

Jenis-Jenis Proxy

Sebelum detikers menggunakannya, ada baiknya jika detikers mengetahui apa saja jenis-jenis dari Proxy ini.

1. Transparent Proxy
Disarankan agar detikers tidak menggunakan jenis proxy ini. Karena IP detikers bisa terlihat secara jelas di dunia maya yang bisa merugikan detikers. Bahkan masalah yang lebih serius adalah alamat IP detikers bisa di-banned secara permanen.

2. Anonymous Proxy
Anonymous Proxy akan melakukan identifikasi diri menjadi Proxy tetapi tidak akan meneruskan alamat IP asli yang sedang detikers gunakan. Agar detikers tidak dicurigai, maka IP samaranlah yang akan diberikan.

3. High Anoymith Proxy
Proxy jenis ini tidak akan memberikan alamat IP untuk detikers. Saat detikes membuka suatu situs, maka alamat IP detikers tidak bisa terbaca oleh situs tersebut maupun oleh internet. Tetapi detikers hanya akan terbaca sebagai klien saja.

4. Distorting Proxy
Jenis Proxy ini akan membuat alamat IP detikers agar tidak bisa terlihat. Hal ini hampir sama dengan Anonim Proxy, tetapi Anonim Proxy akan mengubah alamat IP yang asli. Sedangkan Distorting Proxy akan melakukan rekayasa pada IP address detikers.

Itulah beberapa hal yang perlu detikers tahu tentang proxy. Jadi, nantinya detikers bisa mempertimbangkan untuk menggunakannya demi kenyamanan dan keamanan saat sedang memakai internet.

Simak Video "Ajari Anak Cerdas Berinternet dan Berbagi di Media Sosial"
[Gambas:Video 20detik]
(erd/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia