Fungsi Gdrive Lengkap, Plus Cara Penggunaanya di Laptop dan Komputer

Tim detikcom - detikEdu
Rabu, 24 Feb 2021 16:47 WIB
Google drive
Fungsi Gdrive Lengkap dan Cara Menggunakannya (Foto: Internet)
Jakarta - Detikers pasti tidak asing lagi kan dengan Gdrive? Inilah salah satu produk dari Google yang banyak digunakan untuk menyimpan file berbasis online. Jadi, jika suatu saat detikers lagi membutuhkannya untuk suatu urusan, misalnya butuh dokumen berupa scan ijazah, akta kelahiran, KTP, dan dokumen lainnya, maka tidak perlu khawatir lagi. Tinggal membuka Gdrive detikers saja dan urusan pun beres.

Fungsi Gdrive

Selama ini kebanyakan dari detikers pasti menggunakan Gdrive untuk menyimpan file saja. Namun lebih dari, fungsi Gdrive sangatlah banyak. Berikut adalah beberapa fungsi lainnya selain untuk menyimpan file.

1. Berbagi File

Selain untuk menyimpan file, Gdrive juga bisa digunakan untuk saling berbagi file. Bahkan dengan ukuran yang besar secara sekaligus. Kemudian detikers juga bisa mengundang orang dengan lebih cepat agar bisa langsung melihatnya, memberikan komentar, sampai mengedit file tersebut. Jadi, detikers pun bisa saling berkolaborasi dengan orang lain secara mudah.

2. Mengedit File

Fungsi lainnya dari Gdrive adalah untuk mengedit file, baik itu dalam bentuk Word, Excel, maupun Power Point. Jika detikers sudah selesai mengedit, file itu akan langsung tersimpan secara otomatis di Gdrive. Tidak hanya itu saja, di Gdrive juga memungkinkan untuk membuat lembar kerja yang baru. Bahkan detikers tidak harus menggunakan laptop, karena dengan Android pun juga bisa dilakukan.

3. Mem-backup File

Menjadi masalah besar jika sewaktu-waktu HP maupun laptop detikers rusak dan data di dalamnya belum di-backup. Tapi jika sudah di-backup di penyimpanan fisik, virus menjadi ancaman yang juga berbahaya untuk data detikers. Untuk cari jalan amannya, maka gunakan Gdrive untuk mem-backup semua data detikers. Dijamin inilah tempat yang aman untuk meletakkan semua data-data milik detikers dari risiko hilang atau terkena virus.

4. Menyimpan Link

Saat detikers sedang berselancar di internet dan ingin menyimpan link-link penting untuk dibaca lain waktu, maka gunakan gdrive saja untuk menyimpannya. Detikers hanya perlu untuk memasang ekstensi Gdrive di Google Chrome. Lalu klik ikon bergambar segitiga yang ada di browser untuk menyimpan link yang sedang detikers buka. Atau bisa juga dengan cara klik kanan pada link dan pilih "Save Link to Google Drive".

Cara Menggunakan Gdrive Di Laptop Atau Komputer

Untuk menggunakan Gdrive jika detikers memakai laptop atau komputer, maka caranya adalah sebagai berikut:

1. Langkah awal, detikers harus membuka drive.google.com terlebih dahulu.
2. Lalu login ke Google punya detikers.
3. Setelah itu klik menu New yang ada di sebelah kiri atas.
4. Jika dibutuhkan, detikers bisa membuat folder dulu dengan cara meng-klik menu Folder.
5. Setelah dibuat folder barunya, barulah klik lagi menu + di langkah ketiga yang sebelumnya.
6. Detikers bisa memilih untuk meng-upload file atau meng-upload satu folder sekaligus.
7. Detikers hanya perlu menunggu sampai proses upload-nya selesai

Cara Menyimpan File di Gdrive Android

Bila detikers menggunakan Android untuk menyimpan file di gdrive, maka caranya adalah sebagai berikut:

1. Bukalah File Explorer di Android detikers. Jika detikers ingin menyimpan foto maupun video, maka buka saja gallery di Android.
2. Lalu pilihlah file yang akan detikers upload. Detikers bisa memilih satu file atau dalam jumlah banyak sekaligus.
3. Kemudian klik menu Send. Detikers bisa menemukannya di bagian bawah setelah memilih file.
4. Selanjutnya pilihlah menu Save to Drive.
5. Tunggu beberapa waktu sampai proses upload-nya selesai.

Jadi, sekarang detikers sudah tahu kan apa saja fungsi dari Gdrive? Di mana Gdrive tidak hanya untuk menyimpan file saja. Bahkan cara menggunakannya pun cukup mudah, baik di laptop maupun di Android tanpa harus detikers mempelajarinya lama-lama.

Simak Video "Swedia Punya Sistem Pendidikan Terbaik, Ini yang Bisa Dicontoh RI"
[Gambas:Video 20detik]
(erd/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia