3 Tips Raih Beasiswa Kuliah Gratis Bank Indonesia ala Mahasiswa Unair

fahri zulfikar - detikEdu
Kamis, 11 Nov 2021 19:30 WIB
Ilustrasi Bank Indonesia, lgo bank indonesia, bi, gedung bank indonesia di Jakarta
Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Salah satu beasiswa dalam negeri yang bisa didapatkan mahasiswa adalah beasiswa dari Bank Indonesia (BI). Untuk meraihnya, mahasiswa perlu melakukan persiapan yang matang agar maksimal.


Dalam rangka memfasilitasi mahasiswa yang ingin menggali lebih dalam tentang beasiswa, Kementerian Sosial dan Masyarakat Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Airlangga (BEM Unair) menyelenggarakan Scholarship Webinar.


Webinar daring tersebut turut mengundang Rahardian Satya Mandala Putra yang merupakan penerima Bank Indonesia Unggulan Scholarship.


Menurut Mandala, beasiswa Bank Indonesia merupakan salah satu jalur yang bisa ditempuh calon mahasiswa untuk mendapatkan kuliah gratis.


Tidak hanya biaya kuliah, mahasiswa yang terdaftar sebagai penerima beasiswa BI akan mendapatkan uang saku.


Beasiswa Bank Indonesia sendiri memiliki dua jenis yakni beasiswa reguler dan beasiswa unggulan. Perbedaan dari kedua beasiswa tersebut adalah pada nominal dan persyaratan yang harus dipenuhi.


"Untuk beasiswa unggulan terdapat tambahan persyaratan berupa tes TOEFL dan beberapa ketentuan yang berbeda dengan beasiswa Bank Indonesia regular," jelasnya seperti dikutip dari laman Unair, Kamis (11/11/2021).


Agar mahasiswa bisa mendaftar beasiswa BI secara maksimal, Mandala turut memberikan 3 tips yang ia jalani, di antaranya:


1. Persiapan Dokumen Sejak Jauh Hari


Hal yang harus dilakukan pertama oleh mahasiswa adalah harus menyiapkan dokumen sejak jauh hari. Mandala menyarankan kepada mahasiswa agar menghindari persiapan administrasi yang mendadak.


2. Menyusun Surat Motivasi (Motivation Letter)


Kemudian mahasiswa juga perlu menyusun surat motivasi yang menarik. Caranya bisa dengan banyak melakukan konsultasi kepada dosen atau kakak tingkat penerima beasiswa Bank Indonesia.


3. Mencari Surat Rekomendasi yang Tepat


Persiapan lainnya adalah mencari surat rekomendasi ke orang yang tepat seperti dosen atau orang penting dalam pendidikan.


"Mahasiswa juga harus menyiapkan life map dengan tepat dan rinci serta realistis," imbuhnya.


Setelah mempersiapkan semuanya, Mandala menyebutkan mahasiswa harus memahami tiga tahapan yang harus dilewati dalam mendaftar beasiswa Bank Indonesia.

Tahap pertama adalah tahap seleksi administrasi. Pada tahap tersebut, mahasiswa harus menyiapkan dokumen-dokumen yang disyaratkan seperti motivation letter, surat rekomendasi, dan life map yang realistis selama lima tahun ke depan.


"Tahapan selanjutnya adalah seleksi wawancara dengan petinggi Bank Indonesia mengenai kontribusi selama di bangku kuliah hingga motivasi mengikuti scholarship. Dan yang terakhir adalah tahap pengumuman hasil," paparnya.


Mahasiswa FH Unair angkatan 2019 tersebut juga menjelaskan bahwa mahasiswa yang diterima Bank Indonesia Scholarship akan mendapat banyak manfaat salah satunya dapat bergabung dalam Komunitas Generasi Baru Indonesia (GENBI).


Tak hanya itu, penerima beasiswa juga bisa mengikuti berbagai kegiatan menarik, seperti pelatihan kepemimpinan, kewirausahaan, dan pelatihan soft skill lainnya.


"Mahasiswa akan berkesempatan mengikuti program menarik dari Bank Indonesia khusus untuk awardee dan membantu biaya pendidikan," tutupnya.

Simak Video "Mau Kuliah S1 di Korea Selatan Beasiswa Penuh?"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia