5 Beasiswa Luar Negeri yang Plus Biaya Hidup, Buat yang Mau Lanjut Kuliah

Rosmha Widiyani - detikEdu
Rabu, 21 Jul 2021 11:13 WIB
A happy graduate is hugging her friend after their graduation ceremony. She is smiling while looking at the camera.
Foto: iStock/5 Beasiswa Luar Negeri yang Plus Biaya Hidup, Buat yang Mau Lanjut Kuliah
Jakarta - Beasiswa luar negeri menawarkan banyak keuntungan bagi penerimanya terkait kelanjutan pendidikan. Namun tak semua beasiswa menawarkan biaya hidup selama kuliah, yang sebetulnya patut diperhitungkan.

Berikut adalah lima beasiswa luar negeri yang menawarkan biaya hidup bagi mahasiswa. Bantuan biaya hidup memungkinkan mahasiwa tak lagi repot memikirkan makan, transportasi, dan keperluan lain.

Daftar beasiswa luar negeri yang plus biaya hidup:

1. Beasiswa Riset dan S3 di KUT Jepang

Kochi University of Technology (KUT), Jepang menawarkan program beasiswa khusus (SSP) untuk riset dan kandidat doktor. Selain biaya pendidikan, beasiswa juga memberikan tunjangan hidup 150 ribu yen per bulan.

2. Beasiswa S3 di Heriot Watt University

Heriot Watt University di Malaysia membuka pendaftaran beasiswa S3 hingga 31 Agustus 2021. Penerima beasiswa program PhD mendapat bantuan, antara lain uang kuliah dan biaya hidup RM 36.000 per tahun.

3. Beasiswa S2 dan S3 di UNE Australia

Australian Government Research Training Program (RTP) International Stipend Scholarship menyediakan biaya hidup dan kuliah, untuk mahasiswa S2 dan S3 dengan mutu riset yang baik. Syarat pelamar pernah memperoleh atau berpeluang meraih penghargaan akademik serta pengalaman riset.

4. Beasiswa ASEAN untuk belajar di Singapura

Organisasi ASEAN membuka peluang beasiswa untuk belajar di Singapura bagi siswa kelas 6 SD hingga SMP kelas 1-3. Beasiswa ASEAN diperuntukkan bagi siswa berprestasi dari negara ASEAN dan China. Penerima beasiswa bisa mendapatkan berbagai keterampilan, misal kepemimpinan dan komunikasi.

5. Beasiswa S1 di KAU Arab Saudi

Program beasiswa Arab Saudi di KAU menawarkan sejumlah keuntungan selain biaya pendidikan. Misal tunjangan bulanan sebagai mahasiswa, dua bulan saat kedatangan, tiga bulan ketika lulus dan untuk pengiriman buku, serta tambahan lain jika berprestasi. Beasiswa mewajibkan syarat ditemani muhrim bagi mahasiswa perempuan.

Keterangan lebih lanjut bisa didapatkan di situs tiap program beasiswa luar negeri. Semoga beruntung ya.

Simak Video "Sandiaga Bagikan 1.000 Beasiswa untuk Anak Pedagang Kecil"
[Gambas:Video 20detik]
(row/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia