Universitas Pertamina Buka Seleksi Masuk Pakai Nilai Rapor, Ini Syarat dan Cara Daftarnya

Puti Yasmin - detikEdu
Minggu, 16 Mei 2021 19:07 WIB
Rektor Universitas Pertamina Prof Akhmaloka Phd ( kanan) Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Dwi Soetjipto (kiri) saat memberikan Beasiswa Mahasiswa Universitas Pertamina. Jakarta 15/08. Sebanyak 1.235  mahasiswa baru memperoleh beasiswa kuliah di Universitas Pertamina, 14 orang di antaranya menerima beasiswa melalui jalur Lomba Karya Kreatif dan Inovatif. Lebih dari 150 siswa alumni SMA dan sederajat dari seluruh daerah di Tanah Air  mengikuti tiga kategori lomba, yaitu Lomba Karya Ilmiah, Lomba Desain Grafis, dan Lomba Aplikasi Digital yang diselenggarkan oleh Universitas Pertamina.
Foto: Rachman Haryanto/Universitas Pertamina Buka Seleksi Masuk Pakai Nilai Rapor, Ini Syarat dan Cara Daftarnya
Jakarta - Universitas Pertamina kembali membuka seleksi masuk menggunakan nilai rapor. Artinya, peserta yang mendaftar tidak perlu mengikuti tes ujian masuk. Apa saja syarat dan cara mendaftarnya?

Seleksi ini merupakan periode ke-5 yang dibuka oleh Universitas Pertamina. Pendaftaran dibuka sejak 5 Mei hingga 21 Juni 2021 sedangkan pengisian daftar diri dibuka hingga 22 Juni.

Dalam prosesnya, mata pelajaran yang dipertimbangkan dalam seleksi ini adalah Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Fisika dan Kimia untuk kelompok IPA, kemudian Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Ekonomi dan Sosiologi untuk kelompok IPS, dan terakhir Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Fisika, Kimia, Ekonomi dan Sosiologi untuk kelompok IPC.

Seleksi Masuk Universitas Pertamina Pakai Nilai Rapor:

  • Cara Daftar

-Buka laman di alamat https://pendaftaran.universitaspertamina.ac.id. Isi data dengan benar dan lengkap. Konfirmasi pendaftaran yang memuat informasi mengenai pembayaran seleksi.

-Lakukan pembayaran melalui Virtual Account (BNI VA) dan konfirmasi pembayaran

-Login dengan nomor pendaftaran dan password yang telah diterima. Isi data diri dengan lengkap dan jelas. Upload foto pada proses pengisian dan registrasi.

-Cetak dan unduh kartu peserta untuk dibawa pada saat pelaksanaan ujian. Jangan lupa untuk membawa perlengkapan ujian lainnya.

Syarat Seleksi Nilai Rapor Universitas Pertamina http://detik.com/tag/universitas-pertamina

-Persyaratan peserta adalah siswa SMA/sederajat lulusan tahun 2020 dan 2021, serta memiliki nilai rapor semester 1-5.

-Peserta tidak menderita buta warna untuk beberapa program studi yang mempersyaratkan bebas buta warna.

-Pada seleksi jalur ini, peserta cukup menginput nilai rapor dan mengunggah scan dokumen nilai rapor semester 1-5 pada saat pengisian data diri sesuai dengan jadwal yang ditentukan.

-Pengisian data diri untuk peserta Seleksi Nilai Rapor Periode 5 dapat dilakukan pada tanggal 05 Mei - 22 Juni 2021 dengan LOGIN pada laman: (https://pendaftaran.universitaspertamina.ac.id/) menggunakan nomor pendaftaran dan password yang diterima melalui email Konfirmasi Pembayaran.

-Peserta yang tidak melakukan pengisian data diri akan dianggap mengundurkan diri dari seleksi.

-Pilihan kelompok ujian disesuaikan dengan pilihan program studi yang dituju.
Peserta dapat memilih empat program studi yang ada di Universitas Pertamina berdasarkan kelompok ujian yang dipilih.

-Lokasi ujian hanya tersedia Kota Jakarta (default) karena seleksi dilaksanakan secara online. Namun peserta tidak perlu datang ke Kota Jakarta, pun tidak perlu mengikuti tes tertulis apapun.

-Peserta yang dapat mengikuti seleksi ini adalah peserta yang telah melakukan pendaftaran dan pembayaran biaya pendaftaran.

-Kelengkapan berkas persyaratan Seleksi Nilai Rapor Universitas Pertamina Tahun 2021/2022 adalah sebagai berikut:

-Soft-file pas foto dengan ukuran <200Kb dan falam format jpg, jpeg atau png. Pas foto merupakan foto formal dengan latar belakang merah atau biru.
Kartu Keluarga

-Ijazah (bagi lulusan tahun 2020)

-Soft-file scan nilai rapor semester 1-5 dalam format pdf dan dibuat dalam satu file (tidak terpisah-pisah per semester) dengan ukuran <2MB. Berkas nilai rapor harap dapat dibaca dengan jelas untuk memudahkan proses verifikasi berkas. Nilai Rapor yang diinput adalah nilai aspek "Pengetahuan" atau "Kognitif" dan Kelompok "Wajib".

-Slip gaji kedua orangtua dalam bentuk PDF dengan ukuran maksimal 2 MB. Jika tidak memiliki slip gaji dapat mengunduh Surat Keterangan Penghasilan

Biaya

Biaya pendaftaran dibedakan sesuai dengan kelompok seleksi yang dipilih, yaitu bagi kelompok IPA/IPS sebesar Rp 150.000. Sedangkan untuk kelompok IPC sebesar Rp 200.000.

Selamat mencoba seleksi Universitas Pertamina pakai nilai rapor! http://detik.com/tag/universitas-pertamina

Simak Video "Lebih Penting Passion atau Bakat?"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pay)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia