Universitas Pertamina Buka Beasiswa untuk Lulusan SMA dari Daerah 3T, Bisa Kerja di Pertamina!

Rahma Harbani - detikEdu
Minggu, 16 Mei 2021 12:06 WIB
Rektor Universitas Pertamina Prof Akhmaloka Phd ( kanan) Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Dwi Soetjipto (kiri) saat memberikan Beasiswa Mahasiswa Universitas Pertamina. Jakarta 15/08. Sebanyak 1.235  mahasiswa baru memperoleh beasiswa kuliah di Universitas Pertamina, 14 orang di antaranya menerima beasiswa melalui jalur Lomba Karya Kreatif dan Inovatif. Lebih dari 150 siswa alumni SMA dan sederajat dari seluruh daerah di Tanah Air  mengikuti tiga kategori lomba, yaitu Lomba Karya Ilmiah, Lomba Desain Grafis, dan Lomba Aplikasi Digital yang diselenggarkan oleh Universitas Pertamina.
Foto: Rachman Haryanto/Ilustrasi Universitas Pertamina Buka Beasiswa untuk Lulusan SMA dari Daerah 3T, Bisa Kerja di Pertamina!
Jakarta - Universitas Pertamina membuka pendaftaran 'Beasiswa Ujung Negeri' mulai dari 4 Mei hingga 21 Juni 2021 mendatang. Kesempatan ini ditujukan bagi lulusan SMA/sederajat tahun 2021 dan 2020 yang berasal dari daerah 3T (terdepan, terpencil, dan tertinggal).

Pendaftaran beasiswa dapat diakses melalui laman https://universitaspertamina.ac.id/pendaftaran. Usai lulus, penerima beasiswa berkesempatan bekerja di perusahaan Pertamina lho.

Beasiswa Ujung Negeri Universitas Pertamina:

  • Syarat Pendaftaran

1. Lulusan SMA/sederajat tahun 2021 dan 2020 dari daerah 3T;
2. Lulus pada jalur seleksi tanpa tes atau Seleksi Nilai Rapor (SNR) Universitas Pertamina periode 5; dan
3. Menyusun karya tulis bertema 'Kontribusi Saya kepada Daerah Asal setelah Lulus dari Universitas Pertamina'.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Pertamina Budi W Soetjipto mengungkapkan Beasiswa Ujung Negeri akan membantu penerima dalam pembayaran 100% uang gedung dan uang SPP selama 8 semester.

Selain itu, penerima beasiswa juga akan mendapatkan uang saku bulanan, penggantian transport ke Jakarta, dan biaya premi asuransi kecelakaan.

"Siswa siswi dari daerah 3T terpilih juga akan memperoleh uang saku bulanan, penggantian transport ke Jakarta dan biaya premi asuransi kecelakaan," ujar dalam keterangan tertulis yang diterima detikEdu, Minggu (16/5/2021).

Lebih lanjut, Budi menjelaskan para penerima beasiswa juga akan memperoleh kemudahan akses magang dan kerja praktik di industri, termasuk di Pertamina grup, selama masa perkuliahan.

Ditambah lagi, mereka yang masuk dalam lulusan terbaik berkesempatan untuk berkarier di Pertamina grup. Hal itu sesuai dengan syarat dan aturan yang berlaku di Pertamina.

Sementara itu, Universitas Pertamina menyiapkan dana hingga Rp 1,4 miliar untuk beasiswa Ujung Negeri. Langkah ini dilakukan sebagai bentuk dukungan bagi upaya pemerintah dalam pembangunan daerah 3T khususnya bidang edukasi.

Universitas Pertamina juga membuka 15 jenis beasiswa lainnya. Informasi lengkap tentang beasiswa-beasiswa tersebut dapat diakses di laman https://universitaspertamina.ac.id/beasiswa/. Selamat mencoba!

Simak Video "Kebakaran di Tangki Kilang Cilacap Pertamina Dinyatakan Padam"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pay)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia