Beasiswa Dosen PTKI 2021 Masuk Pengelolaan LPDP, Skema Baru Disiapkan

Kristina Ina - detikEdu
Selasa, 20 Apr 2021 21:00 WIB
Beasiswa
Foto: Getty Images/tommy/Beasiswa Dosen PTKI 2021 Masuk Pengelolaan LPDP, Skema Baru Disiapkan
Jakarta - Kementerian Agama (Kemenang) akan mengoptimalkan program beasiswa dosen (Perguruan Tinggi Keagamaan Islam) PTKI 2021 melalui skema dana LPDP. Sebelumnya, beasiswa PTKI masuk dalam program 5.000 doktor.

Pernyataan ini disampaikan langsung oleh Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Muhammad Ali Ramdhani dalam Rapat Koordinasi Perguruan Tinggi Penyelenggara Beasiswa di Bogor, 16 April lalu.

"Beasiswa Doktoral (S3) dalam negeri yang biasanya termasuk dalam skema program 5.000 Doktor akan berubah melalui pengelolaan dari LPDP," ucap Ali seperti dikutip dalam situs Kemenang, Selasa (20/4/2021).

Kemenag mengatakan, skema ini diharapkan menjadi terobosan bagi para penerima beasiswa untuk semangat dalam menyelesaikan studi.

"Pengelolah beasiswa diharapkan membuat terobosan agar awardee (penerima beasiswa) tetap semangat untuk menyelesaikan masa studinya. Bila perlu dipaksa tinggal di sekitar kampus agar fokus pengerjaannya," lanjut Ali.

Beasiswa dosen PTKI (Perguruan Tinggi Keagamaan Islam) merupakan program beasiswa dari Kementerian Agama RI yang bekerjasama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan.

Sasaran beasiswa ini adalah dosen tetap pada Perguruan Tinggi di Lingkungan Kementerian Agama yang telah memiliki Nomor Induk Dosen Nasional (NIDN).

Pada tahun sebelumnya, beasiswa dosen PTKI memberikan durasi studi maksimal 36 bulan dan dapat diperpanjang selama dua semester berdasarkan hasil evaluasi. Untuk perubahan skema pada tahun 2021 belum diketahui apakah ada perbedaan dari tahun sebelumnya.

Program beasiswa dosen PTKI ini akan terus dikawal. Kemenag juga mengatakan akan membuat sanksi bagi mahasiswa yang terlambat menyelesaikan studi.

Hal tersebut disampaikan lebih lanjut oleh Kasubdit Ketenagaan, Mamat S Burhanuddin sebagaimana tercantum dalam situs Kemenag.

"Kemenag akan membuat kebijakan sesuai kebutuhan, misalnya mengeluarkan edaran tentang sanksi bagi yang lambat lulus atau aturan tentang penyesuaian di masa pandemi," kata Mamat.

Berminat ikut beasiswa dosen PTKI 2021?



Simak Video "Nadiem Berharap Penerima LPDP Kembali Ke Tanah Air Usai Studi"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia