Cegah Radang Paru, 5.713 Bayi di Denpasar Ditargetkan Dapat PCV Gratis

Cegah Radang Paru, 5.713 Bayi di Denpasar Ditargetkan Dapat PCV Gratis

Ni Made Lastri Karsiani Putri - detikBali
Senin, 12 Sep 2022 17:22 WIB
Suasana di salah satu Puskesmas di Kota Denpasar yang melayani penyuntikan PCV gratis pada Senin (12/9/2022)
Foto: Suasana di salah satu Puskesmas di Kota Denpasar yang melayani penyuntikan PCV gratis pada Senin (12/9/2022) (istimewa)
Denpasar -

Sebagai pencegahan penyakit radang paru-paru, Pemerintah Kota Denpasar menargetkan 5.713 bayi mendapatkan Pneumococcal Conjugate Vaccine (PCV) secara gratis. PLT Kepala Dinas Kesehatan Kota Denpasar, Tri Indarti (55) menyampaikan pemberian vaksin tersebut telah serentak mulai dilakukan pada Senin (12/9/2022).

"Total ada 11 Puskesmas di Denpasar yang bisa melayani pemberian vaksin tapi untuk hari perdana ini hanya bisa dilakukan di 5 puskesmas. Untuk besok barulah semua puskesmas tadi bisa melayani," katanya ketika dihubungi detikBali, Senin (12/9/2022).

Adapun 5 puskesmas yang ia maksud, diantaranya Puskesmas II Denpasar Barat, Puskesmas I Denpasar Selatan, Puskesmas II Denpasar Selatan, Puskesmas III Denpasar Selatan, dan Puskesmas VI Denpasar Selatan. Kemudian, pada hari pertama pelaksanaan PCV gratis tersebut, baru ada 5 bayi yang divaksinasi.


"Karena ini hari pertama mungkin jumlah untuk diimunisasi belum banyak. Teman-teman di Puskesmas juga sudah menyebarkan informasi dengan cara datang ke Posyandu lalu dengan rapat koordinasi juga sudah disampaikan. Tapi, memang informasi ini harus kita sampaikan secara terus menerus," ungkapnya.

Ia menuturkan, adapun ketentuan untuk dapat meraih vaksin PCV tersebut, diantaranya bayi kelahiran 1 Juni 2022 untuk usia 2 bulan akan mendapatkan PCV dosis 1, lalu ketika telah berusia 3 bulan akan dilanjutkan dengan pemberian PCV dosis 2.

Kemudian ketika telah berusia 12 bulan akan mendapatkan PCV dosis 3. Adapun berkas yang harus dibawa orang tua atau wali bayi yang ingin mendapatkan PCV gratis, yakni Kartu Tanda Pengenal (KTP) buku pink atau kartu imunisasi dan juga kartu keluarga (KK).

"Ini adalah program pemerintah dan apalagi gratis jadi dimanfaatkan saja. Ini juga penting untuk pencegahan penyakit dan untuk melindungi bayi sehingga tidak jatuh sakit," tambahnya.

Untuk diketahui, vaksin PCV sendiri berguna untuk mencegah radang paru yang disebabkan oleh pneumococus. Adapun harga PCV di luar program PCV gratis ini atau mandiri yakni sekitar Rp 2,5 juta - Rp 3 juta untuk 3 kali suntiknya.



Simak Video "Polio Naik Lagi, Kok Bisa?"
[Gambas:Video 20detik]
(kws/kws)