Mobil Super Irit Buatan Anak UI: Seliter Tembus 1.143 Kilometer!

Mobil Super Irit Buatan Anak UI: Seliter Tembus 1.143 Kilometer!

detikOto - detikBali
Rabu, 07 Sep 2022 17:01 WIB
Kendaraan Prototype buatan anak UI
Foto: Prototype ICE buatan anak UI. (Ridwan Arifin/detikOto)
Jakarta -

Tim Universitas Indonesia (UI) mengikuti ajang perlombaan inovasi kendaraan irit di Shell Eco-Marathon 2022 yang bertempat di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Salah satu kelas yang diikuti ialah prototype internal combustion engine (ICE).

Tim Smartmileage Vehicles (SMV) dari UI memamerkan kendaraan khusus yang bisa menempuh jarak jauh namun dengan konsumsi BBM yang irit untuk turun di kelas prototype ICE. SMV Nakoela merupakan tim khusus yang menangani kendaraan yang dinamakan Keris RVIII.

Secara tampilan Keris RVIII itu berbentuk seperti roket dengan tiga roda. Sedangkan bobot mobilnya 45 kg.


"Ini kan prototipe ya, bentuknya kapsul seperti ini supaya dapat menempuh jarak lebih jauh, rekornya itu di angka 1.143 km/liter," kata Manager Technical Nakoela Team, Rayhan Danendra di Jakarta Pusat, Selasa (6/9/2022).

Dia bersama timnya sudah melakukan modifikasi pada kompresi mesin dari basis 110 cc hingga menyetel ulang Electronic Control Unit (ECU).

"Rasio kompresi juga kita atur ulang, biasanya dimotor konvensional itu kompresinya 1:9 atau 1:10. Nah, ini dikita bisa sampai 1:13 dan berdasarkan hasil jurnal juga membuktikan kompresi tinggi itu bagus untuk rpm rendah jadi ngasih torsinya dan efisiensinya bagus, tapi kelemahannya ya saat kecepatan tinggi hanya saja kan kita enggak main itu kan," kata dia.

Saat ini, sebanyak 78 tim mahasiswa yang berasal dari 13 negara di kawasan Asia Pasifik dan Timur Tengah seperti Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, Brunei Darussalam, Filipina, Korea Selatan, Arab Saudi, India, Pakistan, Kazakhstan, dan Nepal, telah terdaftar sebagai peserta untuk kompetisi Shell Eco-marathon Indonesia 2022.

Soal target Tim Nakoela bakal memecahkan rekor baru dari sebelumnya yang pernah tercapai 1.437 km/per liter sebelumnya.

"Untuk rekor nasional 1.143 km/liter, tahun ini kita akan lakukan rombakan lagi karena kompetitor kita rata-rata sudah menyentuh angka 2.000 km/liter dan itu jadi target kita selanjutnya, untuk menjadi juara," ungkap dia.



Simak Video "Harga Bensin Mahal! Lakukan Ini Biar Mobil Jadi Irit"
[Gambas:Video 20detik]
(hsa/hsa)